Menparekraf Sandiaga Uno: Festival Bunga dan Buah Karo, Even Wisata Terbaik di Indonesia

Karo5564 x Dibaca

Berastagi, Karosatuklik.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno, memberikan apresiasi event wisata Fetival Bunga dan Buah Karo 2024 yang digelar Pemerintah Kabupaten Karo di Komplek Open Stage Taman Mejuah-juah Berastagi, Kabupaten Karo.

“Fetival Bunga dan Buah Karo festival terbaik di Indonesia dan hatrick terpilih masuk Karisma Event Nusantara (KEN). Festival Bunga dan Buah merupakan salah satu event menarik dari Provinsi Sumatera Utara yang termasuk dalam kalender Kharisma Event Nusantara (KEN) yang diluncurkan pada 1 Maret 2022 lalu,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno, hari kedua Fetival Bunga dan Buah Karo 2024, Jumat (5/7/2024) di kota wisata Berastagi.

Karisma Event Nusantara (KEN) sebagai salah satu program strategis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam mendukung dan mengembangkan event-event di seluruh Indonesia.

Festival Bunga Buah Kabupaten Karo menjadi salah satu event yang termasuk dalam Karisma Event Nusantara (KEN) dan Sport, Music dan Creative Event Calender (SPORTIVE).

Dijelaskan dia, ada lima kriteria penilaian yaitu, pariwisata dan ekonomi kreatif, inovasi dan kreativitas, manajemen event strategi komunikasi, serta pengembangan bisnis dan pemasaran.

Lebih lanjut ia mengatakan daerah wisata harus tumbuh bareng dengan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan Ekonomi Kreatif (Ekraf). Menurut pria yang biasa disapa Sandi ini, sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahwa penyelenggaraan event dapat menjadi lokomotif atau penggerak ekonomi daerah serta kebangkitan pariwisata Indonesia.

Saya juga merasa bangga karena UMKM Kabupaten Karo sudah naik kelas. Festival ini saya perhatikan diisi dengan sejumlah rangkaian acara mulai dari parade, perlombaan, atraksi budaya, pameran UMKM dan lainnya. Secara nasional pertanian Kabupaten Karo sudah diakui, seperti jeruk, marqisa dan kopi Karo. Bahkan kopi Karo sudah setara kopi internasional, ujarnya.

“Hari ini saya hadir disini bersama putra terbaik Karo di Kemenparekraf, yakni Direktur Utama Borobudur, Agustin Peranginangin juga semua Kepala Dinas Pariwisata di Sumatera Utara, sebagai ungkapan rasa bangga bisa hadir di tengah-tengah masyarakat Kabupaten Karo,” ucapnya.

Masih pada kesempatan itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno menyebutkan bahwa saat ini kita tidak ada waktu lagi berleha-leha memajukan pariwisata Indonesia dan menuju Indonesia Emas 2045. Kita harus 3G yakni, gercep (gerak cepat), geber (gerak bersama) dan gaspol (ciptakan lapangan kerja), ungkapnya.

Serahkan Piagam KEN Tiga Kali Berturut-turut

Sebelum mengakhiri arahan dan bimbingannya, Sandiaga Salahuddin Uno memberikan sebuah pantun yang disambut cakep oleh ribuan pengunjung di pentas utama Open Stage Taman Mejuah-juah Berastagi. Selanjutnya ia memberikan langsung Piagam Karisma Event Nusantara (KEN) tiga kali berturut turut kepada Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang.

Bupati Karo: Melalui Event Wisata, Karo Semakin Dikenal di Dunia

Sebelumnya Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang dalam sambutannya mengatakan, event yang digelar setiap pertengahan tahun ini akan menyuguhkan beragam acara dan kegiatan. Seperti karnaval mobil hias dari 17 kecamatan se Kabupaten Karo, BUMN, BUMD dan lainnya, makan buah gratis, pameran UMKM, tarian budaya, hiburan rakyat dan conten menarik lainnya.

Bupati Karo Cory Sebayang menyebutkan event festival bunga dan buah merupakan pesta rakyat yang setiap tahun dirayakan sebagai ucapan syukur kepada Tuhan yang telah memberikan tanah subur, alam yang indah, dan untuk meningkatkan potensi dari berbagai hasil pertanian dan mempromosikan pariwisata Kabupaten Karo ke tingkat nasional dan internasional.

Ia juga mengatakan pada hari pertama Festival Bunga dan Buah sudah ada 25.000 wisatawan yang berkunjung. Sementara itu,Pemerintah Kabupaten Karo menargetkan akan ada 80.000 pengunjung dan wisatawan selama event ini digelar, yaitu 4-6 Juli 2024 mendatang.

“Selain itu, sambung Bupati perempuan pertama di Kabupaten Karo ini, perputaran uang diperkirakan capai Rp8 miliar selama tiga hari event wisata ini berlangsung,” ungkapnya.

Berbagai acara yang telah dibuat oleh Pemerintah Kabupaten Karo, seperti parade mobil hias dengan menonjolkan hasil alam Karo, melibatkan pemangku kepentingan maupun perusahaan, kreasi anak sekolah, hiburan rakyat, dan mengundang grup band nasional maupun melibatkan UMKM.

Pemkab Karo menargetkan sebanyak 80.000 sampai 90.000 wisatawan hadir di acara festival bunga dan buah, di Open Stage Taman Mejuah-Juah Berastagi, Kabupaten Karo pada 4-6 Juli 2024.

Turut hadir, Ketua DPRD Karo Iriana Tarigan, Plh. Kapolres Tanah Karo, AKBP Oloan Siahaan, S.I.K, M.H, Dandim 0205 TK Letkol Inf. Ahmad Afryan Rangkuti, Ketua PN Kabanjahe Cipto Hosari Pasaroran Nababan, S.H, M.H dan Kajari Karo, Darwis Burhansyah, S.H, M.H, insan pers, serta sejumlah undangan lainnya.

Festival Bunga dan Buah Karo 2024 secara resmi dibuka Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Agus Fatoni dan Kapolda Sumut Agung Setya Imam Effendi dan Deputi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenko Marves Odo RM Manahutu. Hadir juga Forkopimda, OPD terkait Pemprov Sumut serta tokoh adat dan ribuan masyarakat. (REDAKSI1)

Baca Juga:

  1. Sandiaga Uno Masukkan Festival Bunga dan Buah Berastagi Dalam Karisma Event Nusantara 2023
  2. Memakai Jaket Jeans Dipadu Kain Ulos, Sandiaga Uno Memuji Desainer Medan
  3. Momen Bupati Karo Cory Sebayang Ajak Pengunjung Makan Buah Gratis di Festival Bunga dan Buah Berastagi

Komentar