Sandiaga Uno Masukkan Festival Bunga dan Buah Berastagi Dalam Karisma Event Nusantara 2023

Karo1590 x Dibaca

Kabanjahe, Karosatuklik.com – Wakil Bupati Karo, Theopilus Ginting hadiri Karisma Event Nusantara (KEN) yang secara resmi dibuka oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno bertempat di Plaza Keong Mas, Taman Mini Indonesia (TMII) Jakarta Timur, Sabtu (28/01/2023).

Karisma Event Nusantara (KEN) sebagai salah satu program strategis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam mendukung dan mengembangkan event-event di seluruh Indonesia.

Festival Bunga Buah Kabupaten Karo menjadi salah satu event yang termasuk dalam Karisma Event Nusantara (KEN) 2023 dan Sport, Music dan Creative Event Calender (SPORTIVE).

Dijelaskan dia, ada lima kriteria penilaian yaitu, pariwisata dan ekonomi kreatif, inovasi dan kreativitas, manajemen event strategi komunikasi, serta pengembangan bisnis dan pemasaran.

Wakil Bupati menyampaikan rasa bangganya atas terpilihnya Festival Bunga dan Buah menjadi bagian dari Karisma Event Nusantara.

“Pada kesempatan yang berharga ini kita patut berbangga bahwa Festival Bunga dan Buah merupakan salah satu di antara event yang termasuk dalam KEN dan ini merupakan peluang untuk memperkenalkan kebudayaan dan keindahan Kabupaten Karo ke mata dunia,” ucap Theopilus Ginting.

Event Wisata jadi Lokomotif atau Penggerak Ekonomi Daerah

Sebelumnya, Kharisma Event Nusantara (KEN) 2023 resmi dibuka oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno pada Sabtu, 28 Januari 2023. Peluncuran event ini diharapkan dapat kembali menggerakkan pariwisata di Indonesia.

Acara berlangsung di Teater Keong Mas, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur. Hal itu sebagai upaya menggeliatkan ekonomi dengan menghadirkan event-event daerah yang berkualitas.

Di tahun ketiganya, Kharisma Event Nusantara kembali merangkum 110 event unggulan yang telah dikurasi dari 291 event usulan Dinas Pariwisata Provinsi se-Indonesia. Proses kurasi KEN 2023 telah dilakukan pada November-Desember 2022 lewat tiga tahapan utama yaitu seleksi administrasi, konsep, dan wawancara.

“Saya juga melihat bahwa kunci kebangkitan ekonomi bisa kita lakukan jika event-event ini dilakukan lebih berkualitas,” lanjutnya.

Sandiaga melihat kesuksesan KEN di tahun 2021 dan 2022 yang mampu mendorong dan mengerakkan ekonomi daerah.

Tahun ini pihaknya mengajak pemerintah daerah untuk melakukan kolaborasi menghasilkan event yang lebih berkualitas.

“Di KEN tahun ini kita belajar dari KEN tahun lalu, berhasil meningkatkan 3 juta pergerakan wisatawan, Alhamdulillah, 11 ribu UMKM dan 55 ribu event telah terberdayakan dan 250 asosiasi dan komunitas,” ujar Sandiaga.

Ia menjelaskan, berbeda dengan tahun sebelumnya, kurasi KEN 2023 berdasarkan pada lima bidang penilaian yaitu Bidang Pariwisata dan Ekraf, Bidang Inovasi dan Kreativitas, Bidang Manajemen Event, Bidang Strategi Komunikasi, serta Bidang Pengembangan Bisnis dan Pemasaran.

Menurut pria yang biasa disapa Sandi ini, sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahwa penyelenggaraan event dapat menjadi lokomotif atau penggerak ekonomi daerah serta kebangkitan pariwisata Indonesia. (R1)

Komentar