Pemkab Karo Andalkan 40 Inovasi Daerah Dalam Kompetisi IGA Award Kemendagri

Karo1070 x Dibaca

Kabanjahe, Karosatuklik.com – Inovasi adalah kunci transformasi, inovasi adalah energi untuk menciptakan perubahan dan solusi untuk mengatasi permasalahan. Inovasi juga modal untuk memenangkan persaingan.

Selain itu, untuk memacu pelayanan publik semakin baik, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI setiap tahun menggelar kompetisi Innovative Government Award (IGA).

Hal itu didampaikan Bupati Cory Sriwaty Sebayang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Karo, Drs. Kamperas Terkelin Purba, M.Si saat membuka acara Launching Inovasi Daerah Kabupaten Karo Tahun 2023 di Aula Kantor Bupati Karo Jalan Letjen Jamin Ginting Kabanjahe, Selasa (18/04/2023) lalu.

Turut hadir dalam kegiatan ini Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah, Caprilus Barus, S.Sos, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Dapatkita Sinulingga, Asisten Administrasi Umum, Mulianta Tarigan, S.Sos, Ketua TP PKK Kabupaten Karo, Ny. Vera Rika Theopilus Ginting dan undangan lainnya.

Dalam acara tersebut, Bupati Karo melalui Sekda Kamperas Terkelin Purba menjelaskan bahwa bentuk inovasi daerah adalah inovasi tata kelola pemerintahan, inovasi pelayanan publik dan inovasi lainnya yang sesuai dengan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah.

Launching inovasi daerah Kabupaten Karo tahun 2023 merupakan salah satu tahapan penerapan laboratorium inovasi di Kabupaten Karo tahun 2023.

Terpisah, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan, Nasib Sianturi MSi, Rabu (26/4/2033), kepada Jurnalis Karosatuklik.com, mengatkan, launching inovasi tersebut merupakan penanda awal dilaksanakannya design inovasi tahun 2023 juga dengan penandatangan kontrak kinerja inovasi dan komitmen berinovasi antara Kepala Instansi Pemerintah Daerah Kabupaten Karo dengan Kepala Daerah untuk 40 usulan desain inovasi tahun 2023.

Jumlah kontrak kinerja inovasi atau komitmen berinovasi yang ditandatangani pada Launching Inovasi Daerah Kabupaten Karo Tahun 2023 terdiri dari 16 Perangkat Daerah, 17 Kecamatan dan 13 Puskesmas.

Launching Inovasi ini didasari oleh Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Karo Nomor 07 Tahun 2022 tentang Inovasi Daerah menyatakan bahwa Gerakan Satu Instansi Pemerintah Daerah Satu Inovasi Setiap Tahun untuk menciptakan Perangkat Daerah/UPT Perangkat Daerah yang Inovatif.

Adapun tujuan gerakan inovasi ini adalah:

  •  Mendorong pembangunan Inovasi pelayanan publik;
  •  Mendorong pengembangan dan transfer inovasi pelayanan publik;
  •  Mempercepat peningkatan kualitas pelayanan publik; dan
  •  Meningkatkan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik.

Dengan menggunakan model berinovasi 5D (Laboratorium Inovasi) yaitu Drump up (D1), Diagnose (D2), Design (D3), Deliver (D4), Display (D5), sehingga dilaunching sebanyak 45 Inovasi diantaranya meliputi: Badan/Dinas/Satuan, Kecamatan, dan Puskesmas yang akan menjadi cikal bakal usulan inovasi Kabupaten Karo pada ajang bergengsi IGA Award Tahun 2024 mendatang.

Pemberian Penghargaan IGA itu diberikan kepada Pemerintah Daerah berdasarkan indeks inovasi daerah tahun 2022 merupakan bentuk apresiasi Pemerintah Pusat atas keberhasilan pemerintah daerah dalam melaksanakan pengelenggaraan Pemerintahan dengan cara inovatif.

Selain itu, pemberian penghargaan IGA ini juga bertujuan untuk memicu dan memotivasi pemerintah daerah agar meningkatkan inovasi dan kreativitas daerah dalam memberikan pelayanan publik serta mendukung arah pembangunan dan penyelenggaraan pemerintahan yang sesuai dengan arah kebijakan Pemerintah Pusat.

Kabupaten Inovatif di Indonesia

Sekedar mengingatkan kembali, Kabupaten Karo ditetapkan sebagai salah satu daerah inovatif di Indonesia. Hal tersebut sesuai dengan ketetapan Surat Keputusan (SK) Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia nomor 002.6-5848 tahun 2021 untuk daerah provinsi, kabupaten dan kota se-Indonesia tertanggal 23 Desember 2021.

Predikat Inovatif

Dalam penilaian Kemendagri RI, Kabupaten Karo masuk dalam kategori membanggakan sebagai daerah inovatif, dan berada diurutan 67 dari total 415 kabupaten di Indonesia. Skor indeks inovasi daerah Kabupaten Karo dengan nilai 53,24 dengan predikat Inovatif.

Hal itu diungkapkan Bupati Karo, Cory Seriwaty Sebayang melalui Kepala Dinas (Kadis) Kominfo Kabupaten Karo, Drs Jhonson Tarigan kepada Redaksi Karosatuklik.com, Senin pagi (10/1/2022) di ruang kerjanya.

Hasil yang membanggakan tersebut, lanjut dia, tidak diperoleh dengan instan, tapi melalui proses dan kerja keras, dedikasi dan kinerja banyak pihak lintas instansi. (R1)

Berita Terkait:

  1. Launching Inovasi Daerah Tahun 2023, Bupati Karo: Era Digital Menuntut Pemerintah Terus Berinovasi
  2. Urutan 67 Dari 415 Kabupaten: Karo, Ditetapkan Kabupaten Inovatif di Indonesia
  3. Andalkan Inovasi Budidaya Kentang Bertingkat, Pemkab Karo Juara II Lomba Inovasi Sumatera Utara 2021

Komentar