Andalkan Inovasi Budidaya Kentang Bertingkat, Pemkab Karo Juara II Lomba Inovasi Sumatera Utara 2021

Karo1160 x Dibaca

Medan, Karosatuklik.com – Bupati Karo Cory S Sebayang menerima piala dan piagam penghargaan atas prestasi Pemkab Karo yang meraih juara II dalam perlombaan Inovasi Perangkat Daerah Sumatera Utara tahun 2021 kategori OPD Kabupaten/Kota se Sumatera Utara yang digelar di Aula Tengku Rizal Nurdin, Medan pada Rabu 27 Oktober 2021.

Penyerahan piala dan piagam ini diberikan langsung oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi kepada Bupati Karo Cory S Sebayang atas inovasi “Budidaya Kentang Bertingkat” melalui Dinas Pertanian Kabupaten Karo yang berhasil meraih juara II dalam perlombaan Inovasi Perangkat Daerah Sumatera Utara tahun 2021 kategori OPD Kabupaten/Kota se Sumatera Utara yang diselenggarakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Utara.

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengapresiasi dan bangga atas inovasi budidaya kentang bertingkat dari Kabupaten Karo yang dapat memberikan solusi bagi permasalahan bibit kentang yang berkualitas di Kabupaten Karo.

Selanjutnya, Gubernur Sumatera Utara menambahkan bahwa Dia sudah datang mengunjungi dan melihat langsung proses budidaya kentang bertingkat ke Kelompok Tani Taruna Bina Tani di Desa Bukit, Kecamatan Dolat Rayat, Kabupaten Karo.

Sementara itu, Bupati Karo Cory S Sebayang mengutarakan bahwa tanaman kentang bertingkat ini dapat menghasilkan buah dari akar dalam tanah dan buah diatas plastik/mulsa penutup tanaman.

“Dengan inovasi ini, Pemerintah Kabupaten Karo berharap mampu menjadi penyedia bibit kentang yang berkualitas,” ungkap Bupati.

Selain itu, Cory S Sebayang menyebutkan dengan capaian ini diharapapkan dapat memotivasi seluruh OPD di Kabupaten Karo untuk terus berinovasi dalam memajukan Kabupaten Karo dengan orientasi pelayanan bagi warga dan masyarakat Kabupaten Karo.

Kabupaten Karo Penuhi Kebutuhan Kentang untuk Sumut 57 Persen

Bupati Karo Cory S Sebayang menerima piala dan piagam penghargaan atas prestasi Pemkab Karo yang meraih juara II dalam perlombaan Inovasi Perangkat Daerah Sumatera Utara tahun 2021 kategori OPD Kabupaten/Kota se Sumatera Utara yang digelar di Aula Tengku Rizal Nurdin, Medan pada Rabu 27 Oktober 2021.

Seperti diketahui, Dirjen Hortikultura DR. Ir. Prihasto Setiyanto menyebutkan bahwa Kabupaten Karo memproduksi kentang untuk Provinsi Sumatera Utara sebesar 57%.

“Dengan kondisi tanah yang subur menyatu dengan alam yang indah dan sejuk, Kabupaten Karo ini berpotensi sekali untuk pengembangan hortikultura, untuk itu kami siap mensuport Kabupaten Karo,” papar Dirjen Hortikultura.

Hal itu diungkapkan Dirjen Hortikultura DR. Ir. Prihasto Setiyanto saat ikut mendampingi Komisi IV DPR RI melaksanakan kunjungan kerja ke Kabupaten Karo, Senin (11/10/2021). (R1)

Baca juga:

1. Kabupaten Karo Penuhi Kebutuhan Kentang untuk Sumut 57 Persen, Cory Sebayang Sambut Kunker Komisi IV DPR RI

2. Edy Rahmayadi Dorong Pengembangan Bibit Kentang di Kabupaten Karo