Pemkab Karo Laksanakan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023

Karo2498 x Dibaca

Kabanjahe, Karosatuklik.com – Pemerintah Kabupaten Karo melaksanakan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023 di Halaman Kantor Bupati Karo, Jalan Letjen Jamin Ginting Kabanjahe, Minggu (01/10/2023).

Upacara Hari Kesaktian Pancasila ini dipimpin oleh Dandim 0205/TK, Letkol. Inf. Ahmad Afriyan Rangkuti yang bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Dalam rangkaian Upacara dibacakan juga naskah Ikrar Hari Kesaktian Pancasila yang dikutip dari Pedoman Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023 sebagaimana di lansir Kemendikbudristek. Adapun tema yang diusung dalam Upacara Hari Kesaktian Pancasila 2023 adalah “Pancasila Pemersatu Bangsa menuju Indonesia Maju”.

Hari Kesaktian Pancasila diikuti oleh Forkopimda Kabupaten Karo, ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Karo, TNI/Polri serta pelajar.

Jokowi Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Secara bersamaan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi inspektur upacara dalam upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023 di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya Jakarta, Jakarta Timur, Ahad (1/10/2023). Upacara berlangsung pada pukul 07:55 WIB

Presiden Jokowi yang mengenakan jas berwarna hitam masuk ke panggung upacara didampingi Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Upacara ini turut dihadiri Ibu Negara Iriana Jokowi dan istri Wakil Presiden Wury Ma’ruf Amin.

Selain itu tampak hadir sejumlah menteri, di antaranya yakni Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Mendikbudristek Nadiem Makarim, dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Kemudian tampak pula Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Ketua DPR Puan Maharani, dan Ketua MPR Bambang Soesatyo.

Upacara diawali dengan mengumandangkan lagu Indonesia Raya. Kemudian dilanjutkan dengan laporan komandan upacara kepada inspektur upacara dan mengheningkan cipta.

Dalam upacara ini, Ketua DPD La Nyalla Mattalitti bertugas membacakan teks Pancasila. Sedangkan, naskah Undang-Undang Dasar Negara RI 1945 dibacakan oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo. Pembacaan dan penandatanganan ikrar dilakukan oleh Ketua DPR Puan Maharani.

Rangkaian upacara kemudian ditutup dengan doa yang dibawakan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Usai melaksanakan upacara, Presiden Jokowi yang didampingi Wakil Presiden Ma’ruf Amin kemudian meninjau sumur lubang buaya dan sejumlah bangunan bersejarah lainnya. (R1)

Komentar