Pemkab Karo Sambut 251 Mahasiswa KKNT MBKM USU Semester Ganjil TA 2023/2024

Karo1109 x Dibaca

Kabanjahe, Karosatuklik.com – Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) – MBKM USU merupakan salah satu bentuk kreatifitas dan inovasi proses pembelajaran yang akan memberikan kesempatan kepada mahasiswa Program Sarjana (di luar bidang ilmu kesehatan) untuk memiliki pengalaman belajar di desa.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Karo, Drs. K. Terkelin Purba, M.Si saat menghadiri acara Penerimaan Mahasiswa/Mahasiswi KKNT (Kuliah Kerja Nyata Tematik) MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) Universitas Sumatera Utara (USU) Semester Ganjil TA.2023/2024 di Kabupaten Karo di Halaman Kantor Bupati, Jalan Lerjen Jamin Ginting Kabanjahe, Rabu (25/10/2023).

Dalam sambutan Bupati Karo yang dibacakannya Sekda, menyampaikan Pemerintah Kabupaten Karo menyambut baik kegiatan KKNT MBKM ini. “Karena dengan kegiatan ini sedikit banyak akan berguna bagi masyarakat sekitar, diantaranya dapat meningkatkan pengetahuan dan ikut mencerdaskan masyarakat,” ucapnya.

Sekda juga mengucapkan selamat datang di Kabupaten Karo kepada seluruh mahasiswa/mahasiswi KKNT MBKM, dan kepercayaan rektor yang telah memilih Kabupaten Karo sebagai tempat KKNT MBKM semester ganjil TA. 2023/2024.

Sekda menyampaikan kiranya mahasiswa/mahasiswi dalam melakukan kegiatan KKNT MBKM ini nantinya bisa memanfaatkan waktu yang ada, jaga kesehatan dan keselamatan, serta menjadi warga yang baik, santun dan menjunjung tinggi kearifan budaya setempat.

“Melalui KKNT ini, mahasiswa nantinya dapat melakukan identifikasi dan menggali potensi lokal yang ada di desa serta mengimplementasikan ilmu pengetahuan dan wawasannya di masyarakat,” ucapnya.

“Saya berharap melalui kegiatan ini mahasiswa/mahasiswi siap bersinergi dengan pemerintah desa dan masyarakat dalam mensukseskan program kerja pemerintah desa dan berpartisipasi aktif dalam berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan,” pintanya.

Desa terpilih yang menjadi lokasi KKNT USU merupakan media pembelajaran yang sangat menarik bagi USU untuk pemenuhan capaian pembelajaran lulusan dan pengembangan scientivic vision program studi.

Di sinilah desa akan menjadi laboratorium lapangan yang juga sekaligus menjadi desa binaan untuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat dari setiap program studi yang terlibat.

Mahasiswa KKNT MBKM ini berjumlah 251 orang yang tergabung dari beberapa fakultas, dan kegiatan ini dilaksanakan di 20 desa di 9 kecamatan yang ada di Kabupaten Karo. Kegiatan ini berlangsung selama 2 bulan.

Turut hadir Kepala Kesbangpol Kabupaten Karo, Tetap Ginting, S. Sos, Kepala Dinas PMD, Data Martina Br Ginting, AP, M.Si, Kadis Pendidikan Anderiasta Tarigan, M.Si, dan tamu undangan lainnya. (R1)

Baca Juga:

  1. Terima 59 Mahasiswa KKNT USU, Bupati Karo: Mahasiswa Diharapkan Memberikan Kontribusi yang Positif dan Produktif bagi Masyarakat
  2. “KKN di Desa Penari” Tayang 30 April dalam 2 Versi
  3. Penerimaan Mahasiswa KKNT PPM USU di Kabupaten Karo Tahun 2023
  4. Pemkab Karo Melepas 59 Mahasiswa KKNTR USU 2022
  5. Mendikbudristek Luncurkan Merdeka Belajar Episode Ke-26

Komentar