oleh

Terima 59 Mahasiswa KKNT USU, Bupati Karo: Mahasiswa Diharapkan Memberikan Kontribusi yang Positif dan Produktif bagi Masyarakat

Kabanjahe, Karosatuklik.com – Bupati Karo, Cory S Sebayang sambut 59 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Universitas Sumatera Utara (USU) Tahun 2022 di Kabupaten Karo bertempat di Kantor Bupati, Jalan Letjen Jamin Ginting Kabanjahe, Kamis (22/09/2022).

Dalam sambutannya Cory S Sebayang menyampaikan, ia menyambut gembira KKNT mahasiswa USU yang akan ditempatkan di Desa Sempajaya, Kecamatan Berastagi.

“Kiranya adik-adik mahasiswa siap bersinergi dengan Pemerintah Desa dan masyarakat dalam menyukseskan program kerja Pemerintah Desa dan berpartisipasi aktif dalam berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan,” tuturnya.

“Untuk mempercepat pemulihan ekonomi, pembangunan infrastruktur dan pendidikan dari ketertinggalan selama pandemi, kehadiran mahasiswa/i KKNT USU saat ini sangat tepat untuk memberikan motivasi, edukasi dan pendampingan serta gagasan baru untuk menumbuhkan suatu kerjasama dan harapan baru, sehingga pengabdian mahasiswa memberikan kontribusi yang positif dan produkltif bagi masyarakat,” kata Bupati.

Oleh karena itu, dalam sambutan arahannya, Bupati Cory Sebayang, mengajak kepada para mahasiswa untuk berkarya dengan pemerintahan desa dan seluruh stakeholders yang ada di desa sebagai kampus kedua selain perguruan tinggi.

Dia juga berpesan agar para mahasiswa tetap menjaga kesehatan dan keselamatan, sopan santun serta menjunjung tinggi kearifan lokal budaya setempat.

Menggali Potensi Desa

“Melalui KKNT ini, mahasiswa nantinya dapat melakukan identifikasi dan menggali potensi lokal yang ada di desa serta mengimplementasikan ilmu pengetahuan dan wawasannya di masyarakat,” ucapnya.

Selama melaksanakan KKNT di Desa Sempajaya, Berastagi, para Mahasiswa/i USU ini didampingi oleh Tim Dosen serta Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) USU.

Sebelum melakukan KKNT, para mahasiswa telah melakukan survey di Desa Sempajaya dalam rangka untuk menemukan permasalahan dan solusi yang dihadapi di desa sekaligus mencari lokasi tempat tinggal selama melaksanakan KKNT.

Turut hadir, Rektor Universitas Sumatera Utara (USU), Dr Muryanto Amin, Ssos, MSi dan segenap Civitas Akademi USU serta Mahasiswa USU, Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga serta Pariwisata, Kepala Dinas Pertanian, Ir. Metehsa Karo-Karo, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Tetap Ginting, S.Sos, Camat Berastagi, David Cardona, S.Sos, M.Si. (R1)

Komentar