Perkuat Pertahanan RI, Kemenhan Tambah Sembilan Pesawat untuk TNI

Nasional1532 x Dibaca

Jakarta, Karosatuklik.com – Kementerian Pertahanan (Kemenhan) RI kembali menambah kekuatan Alutsista TNI melalui pengadaan 9 unit pesawat terbang NC-212i. Untuk tahap pertama dilakukan penyerahan 5 pesawat, dan sisanya dijadwalkan tahun depan.

Penyerahan 5 pesawat ini dilakukan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto di Lanud Halim Perdanakusuma pada hari Selasa (12/12/2023). Prabowo secara simbolis menyerahkan kunci pesawat kepada Wakil Kepala Staf TNI AU (Wakasau) Marsdya TNI Gustaf Brugman.

“Pada pagi hari ini kita merasa bangga karena dapat menyaksikan penyerahan pesawat terbang NC212i kepada TNI AU. Kita bangga karena pesawat ini adalah produk dari industri pertahanan kita (PTDI),” kata Prabowo.

Pesawat NC-212i merupakan varian dari pesawat NC-212, yang sepenuhnya dibuat PT Dirgantara Indonesia (PTDI). Pesawat kategori ini merupakan pesawat angkut ringan serbaguna, sehingga bisa digunakan untuk berbagai jenis operasi.

Prabowo memuji keandalan dan ketangguhan seri NC-212 ini. Bahkan, di awal karir militernya, Prabowo kerap menggunakan pesawat tersebut.

“Bisa mendarat di landasan sepanjang 600 meter, baik landasan rumput maupun pasir, serta bisa untuk berbagai macam operasi. Mulai dari pengangkut pasukan, pemantauan maritim, evakuasi medis udara, foto udara, modifikasi cuaca, dan pelatihan navigasi udara,” ujarnya.

Pengadaan pesawat ini, lanjutnya, adalah dalam rangka mendukung kegiatan operasional TNI, termasuk dalam Operasi Militer Perang (OMP). Operasi Militer Selain Perang (OMSP) pun pesawat ini dapat digunakan.

“Kita ingin, pengadaan pesawat ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi nasional dan memajukan industri pertahanan dalam negeri. Harapannya, industri pertahanan kita akan terus meningkat sampai dengan memproduksi pesawat tempur sendiri,” ucapnya mengakhiri.

Selanjutnya, pesawat ini akan memperkuat Skuadron Udara 4, Wing Udara 2. Skuadron ini bermarkas di Lanud Abdulrachman Saleh, Malang, Jawa Timur. (KBRN)

Berita Sebelumnya:

  1. Serahkan 8 Heli Baru, Menhan Berkomitmen Tingkatkan Kualitas Hidup Personel TNI AU
  2. Diplomasi Menhan Prabowo, Indonesia Dapat Hibah 15 Rantis Bushmaster dari Australia
  3. Menhan Prabowo Resmi jadi Warga Kehormatan Komando Pasukan Gerak Cepat TNI AU

Komentar