Pertama di Sumut, Pemko Medan Launching Bus Wisata Gratis, Bobby Nasution: Tingkatkan Pariwisata Kota Medan

Medan, Sumut2353 x Dibaca

Medan, Karosatuklik.com – Kota Medan memang tidak memiliki keindahan alam seperti pantai maupun pegunungan yang dapat diandalkan menjadi destinasi wisata.

Tetapi, Kota Medan memiliki warisan budaya, sejarah, dan keunikannya tersendiri untuk menarik wisatawan dunia datang berkunjung.

Demi meningkatkan jumlah wisatawan yang datang ke Kota Medan, kami telah berkolaborasi dengan Bank Sumut untuk memberikan fasilitas bus wisata gratis kepada seluruh masyarakat yang ingin menjelajahi lokasi dan objek wisata di Medan.

Hal itu dikatakan Wali Kota Medan, Bobby Nasution saat meluncurkan Bus Wisata Kota Medan di depan Gedung Intelligent Transport System (ITS) Jalan Balai Kota Kelurahan Kesawan Kecamatan Medan Barat, Kamis (4/4/2024) sore.

Dalam peluncuran Bus Wisata yang bersumber dari Dana CSR PT Bank Sumut tersebut, Bobby berharap agar Bus Wisata yang beroperasi secara gratis tersebut dapat meningkatkan pariwisata di Kota Medan.

“Bus pariwisata ini adalah gagasan untuk membangun pariwisata di Kota Medan,” jelas Bobby dihadapan unsur Forkopimda yang hadir.

Bobby menjelaskan Kota Medan memang bukan sebuah kota yang memiliki wisata alam layaknya kabupaten/kota yang memiliki gunung, laut, danau dan bentuk wisata alam lainnya. Akan tetapi, Kota Medan memiliki wisata sejarah yang sangat kuat dan sangat menarik bagi para wisatawan.

Hal itu dapat dibuktikan lewat kawasan-kawasan bersejarah serta bangunan-bangunan heritage nan eksotis yang hingga kini masih menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap wisatawan yang datang ke Kota Medan.

“Untuk itu Pemko Medan terus berinovasi, bagaimana agar pariwisata kita bisa terus bertumbuh dan berpusat di Kota Medan. Untuk mendukung upaya itu, Pemko Medan terus berkolaborasi dan terus membangun fasilitas-fasilitas untuk warga Kota Medan maupun masyarakat yang datang ke Medan, khususnya wisatawan,” ujarnya.

Bobby pun berterima kasih kepada PT Bank Sunut yang telah memberikan Bus Wisata yang nantinya akan dikelola oleh Dinas Perhubungan.

“Mudah-mudahan fasilitas ini akan membangkitkan Pariwisata Kota Medan. Dan yang pasti, fasilitas Bus Wisata ini kita berikan kepada masyarakat secara gratis,” pungkasnya.

Sebelumnya, saat membacakan laporannya, Kadishub Kota Medan, Iswar Lubis menerangkan Bus Wisata tersebut setiap harinya akan beroperasi untuk mengelilingi sejumlah wilayah di Kota Medan.

“Titik keberangkatan dari kantor ITS, nantinya Bus Wisata ini akan beroperasi secara gratis. Sampai hari ini bus yang tersedia baru satu unit, kita harapkan nanti bisa bertambah lagi dari stakeholder lainnya,” ucapnya.

Dikatakannya, setidaknya ada beberapa kawasan atau destinasi wisata bersejarah yang akan dilintasi Bus Wisata tersebut. Mulai dari gedung BI dan Kantor Pos Besar (Pos Bloc), Rahmad Gallery, Istana Maimun, Masjid Raya, Kolam Sri Deli, Menara PDAM, hingga Rumah Tjong A Fie di kawasan Kesawan.

“Harapan kita dengan adanya Bus Wisata tersebut, pariwisata di Kota Medan, khususnya lewat wisata sejarah yang dimiliki Kota Medan bisa semakin diminati masyarakat luas,” pungkasnya. (R1)

Baca Juga:

  1. Dinas Pariwisata Kota Medan Dorong Industri Film Lokal Melalui Workshop
  2. Semarak Harmoni Imlek, Bobby Nasution: Perayaan Ini untuk Seluruh Masyarakat Kota Medan
  3. Pemko Medan Bangkitkan Wisata Budaya, Pengamat: Harus Dikelola Secara Profesional dan Milenial

Komentar