Polri Bakal Siapkan Psikolog dan Konseling di Setiap Polres

Nasional393 x Dibaca

Jakarta, Karosatuklik.com – Mabes Polri tengah menyiapkan pemenuhan kebutuhan konselor di lingkungan Polri. Hal itu dilakukan mulai dari menyiapkan psikolog hingga mengadakan kurikulum konseling.

Hal tersebut diungkapkan Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia (As SDM) Polri Irjen Dedi Prasetyo yang merespons adanya saran dari Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) terkait Polri untuk menyediakan psikolog di tingkat Kepolisian Resor (Polres).

“Akan dilakukan rekrutmen Bakomsus Psikologi dan SIPSS utk mencukupi kebutuhan PNPP berkualifikasi Psikologi atau Psikolog. Sehingga terpenuhi hingga tingkat Polres,” kata Dedi, Jumat (9/6/2023).

Dikatakan Dedi, saat ini pihaknya tengah melakukan kerja sama pelatihan konseling atau peer konseling bersama International Criminal Investigative Training Assistance Program (ICITAP).

Selanjutnya, hasil pelatihan konseling tersebut akan disertifikasi Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) atau Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Nantinya dikukuhkan dengan surat keputusan kapolda di masing-masing daerah.

Tidak hanya itu, untuk memenuhi kebutuhan pemeriksaan kondisi tingkat stres dan emosi Pegawai Negeri Pada Polri (PNPP), Biro Psikologi akan menambah alat material khusus (almatsus) psikologi untuk screening kondisi klinis berupa heart rame variability (HRV). Nantinya, HRV tersebut dapat mengukur tingkat stres dan emosi PNPP secara real time.

Menurut Dedi, nantinya juga akan memasukan kurikulum konseling psikologi pada Pendidikan Pengembangan Spesialis (Dikbangspes) “Secara structured learning, sudah ada Dikbangspes konselor yang di dalamnya mencakup materi konseling psikologi,” ucapnya. (BeritaSatu)

Komentar