Polri Bentuk Direktorat Siber di 9 Polda

Nasional1839 x Dibaca

Jakarta, Karosatuklik.com – Mabes Polri akan membentuk Direktorat Tindak Pidana Siber di sembilan kepolisian daerah (polda). Kesembilan polda itu adalah Polda Metro Jaya, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Sumatera Utara, Bali, Sulawesi Tengah, Kalimantan Timur, dan Polda Papua.

Hal tersebut disampaikan Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Brigjen Adi Vivid Agustiadi kepada wartawan di Bareskrim Polri, Rabu (30/8/2023).

“Jadi nanti ada sembilan Direktorat Siber di Polda Metro Jaya yang dibentuk, yakni di Polda Jawa Timur, Polda Jawa Tengah, Jawa Barat, Polda Sumatera Utara, Polda Bali, Sulawesi Tengah, Kalimantan Timur, dan Polda Papua,” kata Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Brigjen Adi Vivid Agustiadi kepada wartawan di Bareskrim Polri, Rabu (30/8/2023).

Dikatakan Vivid, Polri tidak sendirian dalam mengajukan usulan tersebut. Hingga saat ini usulan itu juga masih menunggu dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kementerian PAN dan RB).

Menurut Vivid, pihaknya masih menunggu dan diharapkan tahun ini terlaksana. Sebab menjelang pemilu sudah banyak berita mengenai hatespeech yang harus betul-betul dikawal.

“Bagaimana Direktorat Siber ini bertanggung jawab terhadap ruang digital di negara Indonesia ini supaya ramah, aman, nyaman, dan tidak menganggu pelaksanaan perhelatan Pemilu 2024,” ucapnya.

Lebih lanjut Vivid mengungkapkan, rencana tersebut ke depannya akan ada di seluruh Polda. Namun, saat ini masih ada keterbatasan anggaran negara sehingga diprioritaskan sementara untuk polda-polda besar.

“Kemudian dilihat dari jumlah perkaranya kemampuan anggotanya, kerawanan-kerawanan lain maka dipilih pertama sembilan. Ke depan mungkin akan ada seluruhnya,” imbuhnya. (BeritaSatu)

Berita Terkait:

  1. Gubernur Lemhannas Sebut Pemerintah Bentuk Angkatan Keempat Bidang Digital dan Siber
  2. Ancaman CBRNE dan Siber Nyata, Indonesia – Amerika Tingkatkan Kerjasama Pertahanan
  3. Wacana Angkatan Siber TNI, Siapa Pasukan Terbaik Dunia Maya?

Komentar