oleh

PPDB Sumut 2021 Dibuka, Ini Informasi Lengkapnya

-Sumut-347 x Dibaca

Medan, Karosatuklik.com – Pendaftaran Peserta Didik Baru () 2021 untuk tingkat Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Luar Biasa (SLB) sudah dibuka. Sementara Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) akan segera dibuka 20 Juni 2021 mendatang.

PPDB Sumut 2021: 4 Jalur Pendaftaran

Melansir dari website resmi ppdb.disdik.sumutprov.go.id dan instagram ppdb sumut 2021, berikut ada empat jalur yang disediakan untuk pendaftaran jenjang SMA/SMK:

1. Jalur Afirmasi adalah menjaring peserta didik yang berasal dari keluarga tidak mampu dan penyandang disabilitas. Kuota untuk jalur ini adalah 20 persen.

2. Jalur Mutasi adalah menjaring peserta didik dari mutasi orang tua akibat penugasan instansi, lembaga, kantor atau perusahaan, anak guru dan anak tenaga kesehatan yang menangani COVID-19. Kuota untuk jalur ini adalah 5 persen.

3. Jalur Prestasi adalah menjaring calon peserta didik melalui Penelusuran Minat dan Prestasi Akademik (PMPA) atau memiliki bakat khusus. Kuota untuk SMA adalah 25 persen, sementara SMK adalah 65 persen.

Baca Juga :  Wujud Sinergitas Bersama BUMN, Pangdam I/BB Terima Audiensi SKK Migas dan PT Pertamina Hulu Rokan

4. Jalur Zonasi adalah menjaring calon peserta didik yang berdomisili di dalam zona dan atau di luar zona, berdasarkan alamat pada kartu keluarga yang diterbitkan paling singkat 1 tahun sebelum tanggap pendaftaran PPDB Sumut 2021. Kuota jalur untuk SMA adalah 50 persen, dan SMK adalah 10 persen.

Dokumen yang Disiapkan

Untuk mendaftar PPDB Sumut 2021 ada sejumlah syarat dokumen yang harus disiapkan untuk diupload, yaitu:

1. Scan akte kelahiran
2. Scan kartu keluarga
3. Scan surat pindah tugas orangtua/Wali atau surat tugas orang tua sebagai guru dan tenaga kependidikan atau tenaga kesehatan penanganan COVID-19 dari pimpinan atau pejabat berwenang (untuk jalur afirmasi).
4. Scan surat keterangan domisili khusus bagi orang tua atau wali pindah tugas.
5. Scan nilai rapor semester 1-5 (jalur prestasi nilai akademik) dam scan piagam/sertifikat kejuaraan (jalur prestasi lomba)
6. Scan surat pernyataan orang tua/wali tentang kebenaran keikutsertaan penanganan keluarga tidak mampu bermaterai 10.000 (jalur afirmasi, khusus keluarga tidak mampu)
7. Scan surat keterangan dari psikolog/psikiater/terapis/kepala sekolah asal (SMP sederajat) tentang kekhususan calon peserta didik berkebutuhan khusus dengan kekhususan ringan dan mampu mengikuti proses pembelajaran (jalur afirmasi khusus peserta didik berkebutuhan khusus)
8. Scan surat keterangan sehat dari dokter pemerintah bagi calon peserta didik di SMK Negeri
9. Scan surat pernyataan keabsahan prestasi hasil lomba dari kepala sekolah asal SMP/sederajat (jalur prestasi hasil lomba)

Baca Juga :  Ikut Pembekalan Kepemimpinan Secara Virtual, Adlin Tambunan: Referensi Dalam Memimpin Tanah Bertuah Negeri Beradat

Masing-masing dokumen disiapkan dalam bentuk PDF dengan ukuran maksimal 1 MB/dokumen dan diupload sesuai jalur pendaftaran.

Cara Pendaftaran PPDB Sumut untuk jenjang SMA/SMK:

1. Calon Peserta Didik (CPD) mengakses situs PPDB atau mendownload aplikasi PPDB Sumut di Playstore
2. CPD melengkapi data dan mengunggah dokumen pendukung
3. CPD mencetak tanda bukti pendaftaran online
4. Sekolah menverifikasi data

Jadwal Pendaftaran PPDB Sumut 2021

Berikut jadwal PPDB Sumut 2021 untuk SMA/sederajat:

Tingkat SMA

7-9 Juni 2021: Pendaftaran dan seleksi untuk jalur afirmasi, jalur perpindahan orang tua/wali dan jalur prestasi.
10-12 Juni 2021: verifikasi dan validasi data
13 Juni 2021: pengumuman hasil seleksi jalur afirmasi, jalur perpindahan orang tua/wali dan jalur prestasi, serta konfirmasi kesediaan peserta didik
13-16 Juni 2021: pendaftaran dan seleksi jalur zonasi
17-19 Juni 2021: verifikasi dan validasi data
20 Juni 2021: pengumuman hasil seleksi jalur zonasi dan konfirmasi kesediaan peserta didik
5-9 Juli 2021: pendaftaran ulang

Baca Juga :  Pimpin Apel Gabungan Secara Virtual, Wakil Bupati Karo: Percepat Serapan Anggaran Masa Pandemi Covid-19

Tingkat SMK

20-23 Juni 2021: Pendaftaran dan seleksi untuk jalur afirmasi, jalur perpindahan orang tua/wali, jalur prestasi dan zonasi
25-27 Juni 2021: verifikasi dan validasi data
28 Juni 2021: pengumuman hasil seleksi jalur afirmasi, jalur perpindahan orang tua/wali dan jalur prestasi dan jalur zonasi, konfirmasi kesediaan peserta didik
5-9 Juli 2021: pendaftaran ulang

Tingkat SLB

7-30 Juni 2021: pendaftaran calon peserta didik berkebutuhan khusus
1 Juli 2021: pengumuman. (R1/Dtc)

Komentar

Topik Terkait