Presiden Jokowi Anugerahkan Bintang Jasa Pratama kepada Presiden FIFA Gianni Infantino

Catatan Redaksi2945 x Dibaca

Jakarta, Karosatuklik.com – Presiden Joko Widodo menganugerahkan tanda kehormatan bintang jasa pratama kepada Presiden federasi sepak bola dunia (FIFA) Gianni Infantino di Istana Negara pada Jumat (10/11/2023).

Penganugerahan dilakukan usai Presiden Jokowi memberikan anugerah gelar pahlawan nasional kepada 6 orang pejuang di tempat yang sama.

Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, Presiden Republik Indonesia menimbang dan seterusnya, mengingat dst, memutuskan menetapkan dst kesatu, menganugerahkan tanda kehormatan bintang jasa kepada Gianni Infantino Presiden federasi sepak bola dunia (FIFA),” kata Sesmilpres Laksamana Muda TNI Hersan membacakan Keputusan Presiden di Istana Negara, Jumat.

Anugerah itu diberikan sebagai penghargaan atas jasa-jasanya yang besar di bidang olahraga, yang bermanfaat bagi kesejahteraan dan kebesaran bangsa maupun negara.

“Pengabdian dan pengorbanannya di bidang olahraga yang bermanfaat bagi bangsa dan negara dan atau dalam bakti dan jasanya diakui secara luas di tingkat nasional serta warga negara asing yang berjasa besar pada bangsa dan negara Indonesia,” ucapnya.

Hadir dalam acara penganugerahan Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD, Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, hingga Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Sebagai informasi, penghargaan untuk Presiden FIFA itu telah disepakati dalam rapat terbatas bersama Dewan Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan (DGTK) di Istana Kepresidenan, Jakarta, pada 3 Agustus 2023.

Menurut Ketua DGTK Mahfud MD, ada alasan tersendiri mengapa gelar kehormatan diberikan kepada Gianni Infantino. “Kalau yang (penghargaan kepada) FIFA itu karena jasa-jasanya atas persepakbolaan di Indonesia,” ujar Mahfud pada Kamis (3/8/2023).

Pemberian gelar kehormatan untuk Gianni semula diusulkan oleh Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

Setelah usulan tersebut dinilai memenuhi syarat, pemerintah sepakat Gianni Infantino memiliki peran penting dalam persepakbolaan nasional.

“Utamanya, dalam membimbing Indonesia pada kerja sama internasional sepak bola. “Sehingga dia dianggap layak berdasarkan diskusi-diskusi yang panjang, bukan diskusi yang instan. Apa yang diberikan, apa yg dilakukan,” tutur Mahfud. (Kompas.com)

Baca Juga:

  1. FIFA: Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2023
  2. FIFA Ingin Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2040
  3. Presiden Jokowi Undang Presiden FIFA dan IOC dalam KTT G20
  4. PSSI Hadiri Kongres FIFA ke-72 di Qatar
  5. Indonesia Melejit 10 Peringkat FIFA Usai Dua Kali Hajar Taiwan
  6. Presiden Jokowi Anugerahkan Tanda Kehormatan Bagi 18 Tokoh Nasional

Komentar