Rahasia di Balik Baterai Oppo Watch X yang Bisa Tahan hingga 12 Hari

Teknologi2175 x Dibaca

Jakarta, Karosatuklik.com – Jam tangan pintar (smartwatch) Oppo Watch X yang belum lama ini meluncur di Indonesia, menjanjikan masa pakai baterai yang panjang di kelasnya.

Watch X diklaim bisa memberikan waktu pakai baterai hingga 100 jam saat berada dalam Mode Pintar, dan hingga 12 hari waktu siaga dalam Mode Hemat Daya dalam sekali charge.

Dengan demikian, pengguna tidak perlu lagi menghabiskan waktu untuk mengisi ulang smartwatch setiap hari.

Lantas, apa yang membuat daya baterai Oppo Watch X begitu panjang?

OPPO Watch X dibekali baterai berkapasitas 500mAh dan paduan teknologi Watch VOOCTM Flash Charge untuk penggunaan berhari-hari dengan pengisian cepat.

Watch X dapat mengisi daya 100% dalam waktu 60 menit, atau bisa digunakan selama 24 jam hanya dengan 10 menit pengisian daya.

Daya tahan baterai tinggi hadir di Watch X berkat adanya arsitektur dual-engine OPPO dengan dua chipset terpisah yaitu Snapdragon W5 Gen 1 dan MCU BES2700.

Melalui arsitektur dual-engine, kedua chip jam tangan pintar ini diatur untuk bekerja berdampingan dengan antarmuka Wear OS.

Watch X menggunakan MCU BES2700 untuk menangani sebanyak mungkin tugas, seperti menjawab panggilan telepon dan menampilkan pemberitahuan, sementara Snapdragon W5 Gen 1 berfungsi untuk menangani kegiatan berkinerja tinggi dan aplikasi Wear OS.

Hasilnya, pengguna smartwatch Oppo Watch X bisa mendapatkan keseimbangan antara kinerja dan konsumsi daya perangkat secara optimal.

Material Baja Tahan Karat

Punya desain yang simpel, Oppo Watch X memiliki tombol Home dan sebuah tombol bernama Easy Button yang jauh lebih nyaman saat ditekan dibandingkan dengan jam pintar lainnya.

Jam tangan pintar ini memiliki bentuk melingkar dengan hanya satu ukuran yakni 46mm. Oppo juga menghadirkan tali jam untuk olahraga yang terbuat dari rubber dengan lebar 22mm (standar). Selain itu, tali jam tersebut dapat diganti dengan versi yang lebih formal atau sesuai selera, tanpa perlu alat khusus.

Meski memiliki ukuran yang cukup besar, Oppo mengklaim kalau jam tangan pintar ini nyaman saat dipakai berkat material premium yang digunakan.

Jam pintar ini juga tangguh dan telah mendapatkan standar militer MIL-STD-810H. Adapun bagian depannya dilapisi dengan kaca kristal safir dengan bentuk melengkung. Disebutkan, jika dibandingkan dengan tempered glass, Sapphire crystal glass yang dipakai di Oppo Watch X lebih tahan gores.

Selain material kaca safir kristal, Oppo Watch X juga dibuat dengan material baja tahan karat sehingga membuatnya punya ketahanan berstandar militer.

Dengan begitu, Oppo Watch X diklaim bisa digunakan di kondisi lingkungan ekstrim. Misalnya dapat menahan suhu 55 derajat C, tetap menyala saat dipakai di suhu minus 22 derajat C, bahkan tetap bisa dipakai di air.

Smartwatch ini juga dibekali rating IP68 dan ketahanan air 5ATM sehingga bisa dipakai untuk berenang.

Pakai Google WearOS

Oppo Watch X menggunakan sistem operasi Wear OS milik Google. Hal ini membuat jam tersebut mampu menawarkan penggunaan berbagai aplikasi dan layanan dengan integrasi yang baik.

Oppo Watch X memungkinkan pengguna memodifikasi dan membalas pesan langsung dari jam tangan. Berbagai aplikasi seperti Google Maps, Google Assistant, dan layanan Google lainnya juga dioptimalkan.

Aplikasi lainnya pun bisa dipakai di jam ini mulai dari Spotify, YouTube Music, Strava, hingga MyFitnessPal dan lain-lainnya.

Oppo Watch X sendiri tersedia dalam dua warna, yaitu Platinum Black dan Mars Brown. Oppo Watch X resmi dijual dengan harga Rp 5.999.000. Konsumen dapat mendapatkan cashback spesial senilai Rp500.000 jika melakukan pembelian bundling dengan smartphone Oppo. (Liputan6.com)

Komentar