Sambut Piala Asia U-23 2024, Timnas Indonesia Bakal Panaskan Mesin Lewat TC di Dubai

Sepakbola, Sport2102 x Dibaca

Jakarta, Karosatuklik.com – Timnas Indonesia U-23 kabarnya akan menjalani pemusatan latihan (TC) di Dubai jelang tampil di ajang Piala Asia U-23 2024. Seperti diketahui, skuad racikan Shin Tae-yong memang diagendakan ambil bagian dalam turnamen sepak bola yang dihelat di Qatar mulai 15 April hingga 3 Mei mendatang.

Gelaran Piala Asia U-23 edisi ini menjadi momen spesial buat skuad Garuda Muda. Pasalnya, ini merupakan kali pertama Timnas Indonesia U-23 berhasil tembus ke putaran final turnamen dua tahunan tersebut.

Anak-anak asuh Shin Tae-yong nantinya akan tergabung dalam grup A bersama negara-negara raksasa. Tim Merah Putih harus mampu melewati adangan Yordania, Australia, serta tuan rumah Qatar, jika mengamankan tiket menuju fase selanjutnya.

Pelatih Timnas Indonesia U-23 sendiri sejak awal sudah tahu bahwa dirinya dibebani tugas berat oleh PSSI selaku federasi sepak bola Tanah Air. Shin Tae-yong diharapkan mampu mengantar skuad Garuda Muda tembus hingga perempat final Piala Asia U-23.

Sebelumnya, STY sudah sukses membuktikan kiprah dengan membawa tim senior mencetak sejarah lolos perdana ke babak gugur AFC Asian Cup 2023. Pencapaian itu pun harus dilengkapi dengan prestasi lebih tinggi di level U-23, agar sang pelatih memperoleh kontrak baru dari PSSI.

Timnas Indonesia U-23 Asah Kemampuan di Dubai

Guna mempersiapkan diri menghadapi turnamen penting ini, Timnas Indonesia U-23 di bawah asuhan Shin Tae-yong direncanakan mengikuti pemusatan latihan (TC) di Dubai.

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Endri Erawan menjelaskan, keberangkatan tim Merah Putih menuju lokasi TC akan dilakukan jelang lebaran, diikuti agenda bertolak ke Qatar pada awal April mendatang.

“Terkait TC-nya, memang belum secara resmi, ya. Artinya, mungkin awal memang (Timnas Indonesia U-23) mau ke Dubai. Kira-kira satu minggu sebelum lebaran kita ada di Dubai,” ungkap Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Endi Erawan soal rencana persiapan Garuda Muda jelang Piala Asia U-23 2024.

“Setelah itu mungkin kita tanggal 6 atau 7 (April) kembali ke Qatar untuk persiapan pertandingan yang sebenarnya di (Piala Asia) U-23,” tambah sosok yang juga menjabat sebagai Manajer Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 itu.

PSSI Urus Pemanggilan Pemain

Selain membantu merencanakan TC, PSSI juga bakal sibuk menangani proses pemanggilan pemain ke Timnas Indonesia U-23. Endri Erawan mengeklaim pihaknya telah menjalin komunikasi dengan operator kompetisi Liga 1 untuk menjadi semacam ‘perantara’ negosiasi dengan tim-tim dalam negeri.

Sementara itu terkait pemain abroad, Ketua Umum PSSI Erick Thohir sendiri yang bakal turun tangan melobi klub. Harapannya, tim-tim luar negeri dapat tergerak membantu Garuda Muda mengukir sejarah di ajang sepak bola U-23 mulai April mendatang.

“(Pemain) aboard sudah kita lakukan pendekatan juga dengan klubnya masing-masing, dan mungkin memang ada yang mesti kita lobi lagi,” ucap Endri Erawan di bilangan Senayan, Jakarta Pusat, Senin (5/2/2024).

“Ada juga (klub) yang sudah selesai dilobi. Itu (proses lobinya) nanti Pak Ketum (Erick Thohir) langsung yang akan berbicara dengan pemilik klub di sana,” pungkas dia. (Liputan6.com)

Komentar