Samsung Galaxy Watch FE Resmi Meluncur, Smartwatch Anyar Harga Terjangkau

Teknologi2307 x Dibaca

Jakarta, Karosatuklik.com – Samsung resmi meluncurkan Galaxy Watch FE ke publik. Kehadiran smartwatch ini sebenarnya sudah santer terdengar sejak beberapa bulan lalu, sebelum akhirnya diperkenalkan secara resmi.

Mengutip informasi dari GSM Arena, Jumat (14/6/2024), smartwatch perdana seri FE ini merupakan pembaruan dari Galaxy Watch 4. Karenanya, Galaxy Watch FE hadir dengan sejumlah fitur Kesehatan yang lebih lengkap, serta desain lebih tangguh.

Ketangguhan smartwatch ini diperlihatkan dengan penggunaan kaca safir di layarnya, menggantikan kaca Gorilla Glass DX+ di Galaxy Watch 4. Namun, Galaxy Watch FE hanya hadir dalam satu ukuran saja yakni 40mm, sedangkan model 44mm absen.

Smartwatch Samsung ini memiliki layar Super AMOLED 1,2 inci dengan resolusi 396×396 piksel. Watch FE dipersenjatai chipset Exynos W920, RAM 1,5GB, dan memori 16GB.

Galaxy Watch FE menjalankan sistem operasi Wear OS dengan balutan One UI 5 Watch. Selain desain yang lebih tangguh, Samsung juga membenamkan deretan fitur Kesehatan yang lebih lengkap.

Disebutkan, Samsung Galaxy Watch FE dapat melacak lebih dari 100 jenis olahraga, menganalisis pola tidur, memantau detak jantung, mengukur tekanan darah, dan bahkan mendeteksi kemungkinan gangguan irama jantung.

Galaxy Watch FE tersedia dalam tiga pilihan warna yakni silver, pink gold, dan black. Smartwatch ini telah memperoleh sertifikasi IP68, mendukung penyelaman hingga 5ATM, sertifikasi MIL-STD-810H, Bluetooth 5.3, Wi-Fi, hingga NFC.

Rencananya, Galaxy Watch FE akan mulai dijual pada 24 Juni dengan harga USD 199 (Rp 3,2 juta) untuk versi standar. Sementara Samsung membanderol versi LTE dengan harga USD 249 (Rp 4 juta) dan dijadwalkan hadir pada Oktober 2024.

Bocoran Produk Samsung di Galaxy Unpacked Juli 2024: Dari HP Layar Lipat hingga Cincin Pintar

Di sisi lain, Samsung berencana meluncurkan berbagai produk terbaru di acara Galaxy Unpacked pada Juli 2024 mendatang.

Meski pihak Samsung masih merahasiakan perangkat yang akan diperkenalkan di acara tersebut, terdapat bocoran mengenai produk yang akan diperkenalkan.

Dikutip dari Android Authority, Selasa (11/6/2024), salah satu leaker telah mengunggah beberapa gambar produk yang diduga akan diperkenalkan di Galaxy Unpacked Juli 2024.

Bocoran gambar tersebut memang diburamkan, namun produk yang terpampang masih dapat dilihat dan dapat disimpulkan perangkat apa saja akan diperkenalkan nantinya.

Salah satu bocoran gambar jadi sorotan ialah Galaxy Z Fold 6 dan Galaxy Z Flip 6. Berdasarkan gambar tersebut, bisa terlihat kedua HP layar lipat tersebut mengusung desain lebih mengotak, mirip dengan desain Galaxy S24 Ultra.

Selain lini HP Android Z Fold dan Z Flip, terdapat bocoran gambar render dari Galaxy Ring dan Galaxy Watch 7. Sebagai informasi, Galaxy Ring sebelumnya dipamerkan di pagelaran Mobile World Congress (MWC) 2024 di Barcelona.

Menurut laporan Android Authority, Samsung berencana menjual Galaxy Ring di AS pada Agustus 2024.

Diperkirakan, perusahaan asal Korea ini memperkenalkan Galaxy Ring pada acara Unpacked pada Juli 2024 dan membuka pre-order setelah acara tersebut.

Sementara untuk Galaxy Watch 7, jam tangan tersebut akan hadir dengan model 40mm dan 44mm. Galaxy Watch 7 akan hadir dengan dua konektivitas berbeda, yakni Wi-FI dan 4G LTE.

Perangkat FE Tak Diperkenalkan di Galaxy Unpacked Juli 2024

Bagi pengguna yang mengharapkan perangkat seri FE juga diperkenalkan di Unpacked Juli 2024, nampaknya mereka akan kecewa. Pasalnya, Samsung tidak berencana untuk memperkenalkan produk tersebut.

Salah satu leaker mengungkapkan bahwa Galaxy Watch FE, Galaxy Buds 3, dan Galaxy Buds 3 Pro tidak akan diperkenalkan pada acara Galaxy Unpacked bulan mendatang.

Tak hanya itu, tipster bernama Arsene Lupin mengungkapkan pada unggahan X bahwa Galaxy Watch FE akan dirilis pada 24 Juni 2024.

Samsung Galaxy Z Flip 6 dan Z Fold 6 bakal Dibekali Fitur Galaxy AI

HP layar lipat Samsung yang bakal rilis, Galaxy Z Flip 6 dan Z Fold 6, dipastikan akan mendapatkan fitur kecerdasan buatan Galaxy AI.

Kabar tersebut dikonfirmasi langsung oleh EVP dan Head of Mobile R&D Office, Mobile eXperience Business di Samsung, Won-Joon Choi.

Mengutip Android Authority, Minggu (9/6/2024), ia menyebut kalau kemampuan Galaxy AI akan dapat dinikmati oleh pengguna HP layar lipat Samsung mendatang.

“Kami akan lebih mengoptimalkan pengalaman Galaxy AI untuk perangkat layar lipat yang akan datang,” ujar Won-Joon Choi.

Meski tidak disebutkan dalam pernyataannya, perangkat layar lipat yang dimaksud merujuk pada Galaxy Z Fold 6 dan Z Flip 6.

Penerus ponsel layar lipat Samsung itu diperkirakan akan diumumkan pada acara Galaxy Unpacked pada 10 Juli 2024.

Konfirmasi ini juga sesuai dengan dugaan gambar Z Flip 6 dan Z Fold 6 yang bocor tak lama ini. Dalam gambar tersebut, tulisan “Galaxy AI” muncul di samping nama dan render kedua HP layar lipat Samsung tersebut.

Melihat perusahaan yang saat ini gencar memamerkan kemampuan Galaxy AI, rasanya tak wajar jika mereka tidak mengadopsi fitur tersebut di Galaxy Z Flip 6 dan Z Fold 6. (Liputan6.com)

Komentar