Semifinal Euro 2024: Adu Mahal Timnas Spanyol vs Prancis

Sepakbola, Sport2442 x Dibaca

Jakarta, Karosatuklik.com – Kejuaraan Piala Eropa atau Euro 2024 mulai memasuki babak akhir. Empat tim lolos ke semifinal Euro 2024, yaitu Spanyol, Prancis, Inggris, dan Belanda.

Spanyol menghadapi Prancis pada semifinal pertama Euro 2024. Pertandingan berlangsung di Allianz Arena, Rabu (10/7/2024) pukul 02.00 WIB.

La Furia Roja melaju ke empat besar sebagai tim paling impresif di turnamen. Mereka menjadi satu-satunya negara yang berjaya dari lima laga yang dilalui, meski satu harus melalui perpanjangan waktu.

Di sisi lain, Prancis memiliki pemain yang lebih berkualitas. Ada Antoine Griezmann yang berstatus top skor Euro 2016, serta Kylian Mbappe, pemain tersubur Piala Dunia 2022.

Namun, Les Bleus baru tiga kali merobek gawang lawan, terburuk di antara para semifinalis. Mengejutkannya, tidak ada yang hadir melalui permainan terbuka. Satu dihasilkan lewat penalti sedangkan sisanya merupakan bunuh diri lawan.

Siapa Paling Mahal?

Melihat persaingan di semifinal ini, jelas menarik jika membandingkan nilai pasar kedua timnas negara eropa ini. Bisa dibilang, Spanyol dan Prancis adalah masuk jajaran timnas kuat di dunia.

Timnas Spanyol

Dikutip dari data Transfermarkt, Timnas Spanyol memiliki nilai pasar mencapai Rp 16,7 triliun. Dengan nilai tersebut, Timnas Spanyol memiliki 26 pemain dengan usia rata-rata 27,2 tahun.

Pemain termahal di Spanyol dipegang oleh pemain gelandang bertahan, Rodri. Pemain Manchester City ini memiliki nilai pasar mencapai Rp 2 triliun. Sedangkan pemain paling murah yaitu Jesus Navas dengan nilai Rp 43,4 miliar

Timnas Prancis

Timnas Prancis dari data memiliki total nilai pasar mencapai Rp 21,4 miliar. Dengan nilai pasar segitu, Prancis memiliki 25 pemian dengan rata-rata usia 27 tahun.

Pemain termahal di Timnas Prancis jelas diduduki oleh Kylian Mbappe dengan harga Rp 3,1 triliun. Pemain baru Real Madrid ini bahkan menjadi salah satu pemain termahal di dunia.

Sementara pemain dengan nilai pasar paling rendah di Timnas Prancis yaitu Oliver Giroud dengan Rp 52,1 miliar.

Spanyol menghadapi Prancis pada semifinal pertama Euro 2024. Pertandingan berlangsung di Allianz Arena, Rabu (10/7/2024) pukul 02.00 WIB.

Spanyol kehilangan tiga pilar pada laga nanti. Dani Carvajal terkena sanksi usai mendapat kartu merah pada perempat final melawan Jerman. Begitu pula Robin Le Normand yang menjalani akumulasi kartu. Sementara gelandang Pedri terkena cedera lutut di partai sama.

Pelatih Spanyol Luis de la Fuente harus berpikir keras untuk menentukan siapa pengganti Carvajal. Opsi natural adalah Jesus Navas. Namun, di usia 38 tahun, dia bakal kewalahan menghadapi winger kiri Prancis yang biasa ditempati Kylian Mbappe.

Pilihan lain adalah menggeser Nacho Fernandez yang bisa menjadi bek sayap. Masalahnya, Nacho juga dibutuhkan untuk mengisi pos yang ditinggalkan Le Normand.

Menyangkut Pedri, Spanyol tidak punya masalah besar. Ada Dani Olmo yang merebut gelar Player of the Match usai menggantikan pemain Barcelona itu.

Sementara komposisi Prancis dipastikan tidak banyak berubah. Walau performa buruk, Mbappe bakal tetap diandalkan.

Pelatih Didier Deschamps cuma perlu menentukan apakah Adrien Rabiot kembali jadi starter usai menjalani hukuman larangan merumput, atau mempertahankan pelapisnya Eduardo Camavinga. (Liputan6.com)

Komentar