Tak Hanya VAR, Piala Dunia U-17 Juga Akan Gunakan Goal Line Technology

Sepakbola, Sport521 x Dibaca

Jakarta, Karosatuklik.com – Induk organisasi sepak bola dunia, FIFA bakal memboyong sejumlah fasilitas penunjang wasit untuk Piala Dunia U-17. Selain Video Asisstant Referee (VAR), FIFA dikabarkan juga akan mengoperasikan goal line technology di tiap pertandingan.

Hal ini sebagaimana disampaikan CEO Visual Indomedia Produksi (VIP), bagian perusahaan EMTEK yang bertanggung jawab atas produksi siaran Piala Dunia U-17, Indra Yudhistira.

“Goal line Technology tentu ada, cuma beda sama yang Qatar (Piala Dunia 2022). Kami tetap taruh dua kamera khusus untuk goal line, terus yang khusus ini tim VAR-nya yang akan handle. Jadi si-VAR itu akan termasuk teknologi goal line-nya, cuma beda sama yang di Qatar ya. Itu kan teknologinya udah canggih banget sampai keren banget,” ungkap Indra, Rabu (4/10/2023).

Indra menyebutkan, seluruh fasilitas itu sepenuhnya menjadi tanggung jawab FIFA. Alat-alat kebutuhan VAR dan goal line technology akan ditempatkan di ruang khusus di empat stadion tuan rumah.

“Jadi tim VAR itu dari FIFA dia bawa alat-alatnya terus nanti ditempatkannya di sebelah control room kami dan nanti kita harus taruh satu kamera juga, jadi memang sudah syaratnya. Jadi memang ada tim VAR dan tim produksi juga,” terang Indra.

Besar kemungkinan, kata Indra, wasit yang mengoperasikan VAR tak hanya wasit FIFA, beberapa wasit lokal juga akan terlibat dalam pengoperasian alat canggih tersebut.

“Jadi mereka akan melatihkan, karena salah satu keinginan kita setelah nanti acaranya selesai VAR-nya tetap bisa digunakan. Kalau tadi Pak Erick Thohir inginnya stay-kan,” ucapnya.

Dari keterangan FIFA yang diterima Inilah.com, total ada 18 wasit dan 36 asisten wasit yang akan bertugas pada perhelatan akbar sepak bola dua tahunan. Sementara, FIFA juga menugaskan 18 orang wasit yang akan bertugas di ruang VAR.

Tercatat, tiga nama wasit Indonesia yaitu Aprisman Aranda, Thoriq Alkatiri dan Yudi Nurcahya masuk dalam jajaran wasit pembantu di ajang FIFA World Cup U-17. (Inilah.com)

Komentar