Indonesia vs Turkmenistan U-23, Ambisi Mengulang Sejarah Olimpiade 1956

Sepakbola, Sport499 x Dibaca

Jakarta, Karosatuklik.com – Timnas Indonesia U-23 akan menjalani laga penentu dalam kualifikasi Piala Asia U-23 2024 melawan Turkmenistan. Bertempat di Stadion Manahan, Surakarta, Jawa Tengah, laga ini akan berlangsung pada Selasa (12/9/2023) pukul 19.00 WIB. Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan menyaksikan langsung pertandingan ini.

Meski hanya membutuhkan hasil imbang untuk lolos ke Piala Asia U-23 di Qatar, skuad “Garuda Muda” tetap menargetkan tiga poin. “Kami tidak menganggap remeh Turkmenistan. Untuk menang, kami harus menampilkan kemampuan 100 persen,” ujar penyerang timnas Indonesia, Rafael Struick.

Pelatih Shin Tae-yong berambisi membawa Indonesia menembus babak utama di tiga tingkat ajang Piala Asia. Sebelumnya, ia telah sukses membawa timnas senior dan tim U-19 Indonesia lolos ke babak utama Piala Asia. “Saya yakin tim U-23 ini bisa mengikuti jejak tim senior,” kata Shin.

Strategi dan Taktik

Selain latihan taktik, Shin juga mempersiapkan timnya dalam situasi bola mati. Pemain dengan kemampuan duel udara yang baik, seperti Elkan Baggott dan Rizky Ridho, akan menjadi tumpuan Indonesia. “Saya memiliki keunggulan ukuran tubuh yang bisa menjadi ancaman di kotak penalti lawan,” ujar Elkan Baggott.

Dengan lolos ke Piala Asia U-23, Indonesia juga berpeluang menjaga asa untuk mengulangi prestasi emas di Olimpiade 1956. Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) memiliki tiga jatah tampil di Olimpiade Paris 2024, yang akan diisi oleh dua tim finalis dan satu tim peringkat ketiga di Piala Asia U-23 2024.

Pelatih Turkmenistan, Agamyradov Ahmet, mengakui kekuatan kolektivitas permainan Indonesia. “Kami fokus untuk meredam Indonesia menjalankan permainan yang mereka terapkan,” kata Ahmet.

Laga ini tidak hanya penting bagi Indonesia untuk lolos ke Piala Asia U-23, tetapi juga sebagai langkah awal untuk mengejar mimpi lebih besar, yaitu tampil di Olimpiade. Dengan dukungan penuh dari Presiden Jokowi dan publik Indonesia, skuad Garuda Muda berharap bisa mengukir sejarah bagi sepak bola nasional. (Inilah.com)

Komentar