Tetap Pakai 4-3-3 atau Coba 4-2-3-1 Shin Tae-yong? Begini Ulasan dan Plus Minusnya vs Irak

Sepakbola, Sport2296 x Dibaca

Qatar, Karosatuklik.com – Timnas Indonesia U-23 dipastikan tak diperkuat kapten Rizky Ridho melawan Irak setelah mendapatkan kartu merah di laga semifinal.

Ridho absen saat pasukan Garuda Muda menantang Irak dalam perebutan tempat ketiga Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah Bin Khalifa, Doha, Qatar, Kamis (2/5/2024) pukul 22.30 WIB.

Absennya pemain Persija Jakarta itu memaksa pelatih Shin Tae-yong kembali membongkar-pasang lini belakang.

Pelatih Shin Tae-yong sendiri selalu memainkan skema tiga bek dalam formasi 3-4-2-1.

Namun, ada satu nama yang juga pasti diberi tempat, Justin Hubner, yang memiliki peran penting juga dalam menjaga pertahanan.

Komang Teguh Trisnanda kemungkinan menjadi opsi kuat untuk mengisi pos yang ditinggalkan Ridho. Dia akan membentuk trio lini belakang bersama Justin Hubner dan Muhammad Ferarri.

Sejak fase grup, Komang memang silih berganti dengan Ferarri mengisi susunan tiga bek yang diturunkan Shin Tae-yong.

Skema tiga bek cukup realistis mengingat para pemain sudah terbiasa dengan pola itu. Sehingga tak membutuhkan adaptasi lagi di lapangan.

Selain tiga bek, Shin Tae-yong juga bisa bereksperimen dengan menurunkan empat bek melalui skema 4-2-3-1.

Dalam unggahannya, akun Instagram @idextratime, Rio Fahmi, Muhammad Ferarri, Justin Hubner, Pratama Arhan mengisi kuarter defender. Sementara Nathan Tjoe A-on dan Ivar Jenner menjadi dua pivot untuk menjaga kedalaman.

Kemudian Jeam Kelly Sroyer, Marselino Ferdinan dan Witan Sulaeman menjadi penyplai bola untuk Rafael Struick di lini depan.

Skema itu bisa juga berganti dengan menempatkan Marselino di posisi winger kanan, lalu Struick di pemain nomor 10. Sementara pos yang sebelumnya diisi Struick dipercayakan kepada Ramadhan Sananta.

Jika dilihat, skema itu bisa membuat lini tengah Indonesia lebih kuat dengan posisi Ivar dan Nathan yang berfokus menjaga kedalaman.

Hanya saja, poin minusnya adalah skema itu tak pernah diterapkan saat Piala Asia U-23 2024. Tentu butuh adaptasi di awal-awal laga jika Shin Tae-yong menjalankan strategi itu.

Patut ditunggu skema seperti apa yang nantinya digunakan Shin Tae-yong untuk melawan Irak. (Suara.com)

Komentar