oleh

Kabupaten Karo Penuhi Kebutuhan Kentang untuk Sumut 57 Persen, Cory Sebayang Sambut Kunker Komisi IV DPR RI

-Karo-271 x Dibaca

Kabanjahe, Karosatuklik.com – Komisi IV RI melaksanakan kunjungan kerja ke , Senin (11/10/2021). Kunjungan kerja anggota DPR RI dari Komisi IV ini disambut langsung Karo .

Kunjungan Komisi IV DPR yang membidangi Pertanian, Lingkungan Hidup dan Kehutanan, maupun Kelautan itu diawali dengan peninjauan ke lokasi pengembangan pembibitan komoditas kentang di Desa Bukit, Kecamatan Dolat Rayat.

Pada kesempatan itu, Bupati Karo, Cory Sebayang didampingi Kepala -nya, Ir Metehsa Karo-karo, menyampaikan ucapan terima kasih dan rasa bangga kepada para Anggota DPR RI Komisi IV atas kunjungan kerjanya ke Kabupaten Karo.

Bupati menyebutkan bahwa pembibitan kentang yang berada di Desa Bukit ini menggunakan metode bertingkat. Selama ini bibit kentang didatangkan dari pulau Jawa untuk digunakan di Kabupaten Karo, ucapnya.

Komisi IV DPR RI melaksanakan kunjungan kerja ke Kabupaten Karo

 

Ketersediaan Pupuk

Untuk itu, kata Cory Sebayang, sebagai daerah mayoritas pertanian, Kabupaten Karo berusaha agar kebutuhan bibit kentang dapat dihasilkan sendiri di Kabupaten Karo. “Untuk itu besar harapan kami, Dirjen Hortikultura Kementan RI dapat memperhatikan dan membantu Kabupaten Karo,” tutur Bupati.

Baca Juga :  Lantik Jonatan Tarigan Menjadi Direksi PDAM Tirta Malem Kabanjahe, Bupati Karo Beri Sejumlah PR

Selain itu, Cory Sebayang juga berharap kepada PT. Pupuk Indonesia agar kiranya memperhatikan kondisi ketersediaan pupuk di Kabupaten Karo. Hal itu, kata Cory Sebayang, mengingat masyarakat Kabupaten Karo, penduduknya hampir 80 persen mengandalkan sektor pertanian sebagai tulang punggung ekonomi keluarga, sebutnya.

Kabupaten Karo Penuhi Kebutuhan Kentang untuk Sumut 57 Persen

Sementara itu, Dirjen Hortikultura DR. Ir. Prihasto Setiyanto menyebutkan bahwa Kabupaten Karo memproduksi kentang untuk Provinsi sebesar 57%.

“Dengan kondisi tanah yang subur menyatu dengan alam yang indah dan sejuk, Kabupaten Karo ini berpotensi sekali untuk pengembangan hortikultura, untuk itu kami siap mensuport Kabupaten Karo,” papar Dirjen Hortikultura.

Komisi IV DPR: Bantu Kabupaten Karo

Menanggapi hal tersebut Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin SE menghimbau kepada Dirjen Hortikultura untuk membangun pembibitan kentang di Kabupaten Karo, begitu juga kepada PT Pupuk Indonesia Holding Company untuk memperhatikan kondisi pupuk di Kabupaten Karo.

Baca Juga :  Luhut Resmi Pimpin Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung

“Apa yang menjadi kebutuhan masyarakat di Kabupaten Karo ini agar dapat dipenuhi, karena kalau hanya mengandalakan kabupaten tidak mungkin, yang bisa membantu adalah pemerintah pusat,” lontar Ketua Komisi IV DPR RI.

Tabur Benih Ikan 65 Ribu Ekor

Setelah meninjau pembibitan kentang di Desa Bukit, rombongan Komisi IV DPR RI beserta Bupati Karo melanjutkan kunjungan ke Desa Tongging melaksanakan restocking ikan dengan menabur benih ikan nilem dan tawes sebanyak 65.000 ekor di kawasan Tongging.

Bioflok

Bupati Karo menyebutkan lagi, kiranya agar Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) agar memperhatikan bioflok yang ada di Tongging mengingat Keramba Jaring Apung (KJA) sudah tidak diperbolehkan di kawasan DTW Tongging, danau toba.

Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin SE menyebutkan mengingat keramba tidak boleh lagi di danau toba, dia meminta kepada KKP agar membangun bioflok untuk memberikan solusi kepada masyarakat dalam berbudidaya ikan. (R1)

Komentar

Topik Terkait