Apresiasi Kepala Daerah Kawasan Danau Toba, Menko Marves Luhut Panjaitan Undang Bupati Karo

Karo1657 x Dibaca

Jakarta, Karosatuklik.com – Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang menghadiri undangan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia, Luhut Binsar Panjaitan di Jakarta. Bupati Cory Sriwaty Sebayang turut di dampingi Kepala Bapedalitbang Kabupaten Karo Ir Nasib Sianturi, MSi.

Undangan tersebut terkait dengan pemberian apresiasi kepada kabupaten di kawasan seputaran Danau Toba atas dukungan pelaksanaan acara Aquabike Jetski World Championship 2023 yang dirangkai dengan buka puasa bersama bertempat di lantai 3 gedung BRIN Jakarta, Selasa (26/3/2024).

Apresiasi juga diberikan Injourney kepada Pertamina, PLN, dan Jasa Marga atas penyelenggaraan even Aquabike Jetski yang telah terlaksana beberapa waktu yang lalu, dan direncanakan even yang sama akan digelar kembali pada bulan November 2024.

Pada kesempatan yang sama, Kepala LKPP RI, Hendrar Prihadi menyampaikan, dalam waktu dekat akan melaunching E-Katalog versi 6.0. Acara tersebut juga dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi.

Selain memberikan kontribusi ekonomi, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia, Luhut Binsar Panjaitan mengungkapkan ajang balapan perahu motor Aquabike Jetski World Championship 2023 juga menjadi fasilitas untuk memperkenalkan Danau Toba ke mata dunia dan membangkitkan pariwisata di Indonesia.

F1 Powerboat di Danau Toba begitu spesial, karena digelar di lokasi berupa danau vulkanik terbesar di dunia. Lokasi di Danau Toba dinilai cocok untuk arena balap kapal super cepat seperti F1 Powerboat, terlebih dilengkapi dengan keindahan alam yang luar biasa indah.

Hal senada dikatakan, Menparekraf Sandiaga Uno. Dia mengatakan, selain mempromosikan pariwisata Danau Toba, event internasional F1 Powerboat dapat memberikan dampak ekonomi yang signifikan khususnya bagi UMKM lokal bagi daerah kawasan Danau Toba.

Sandiaga Uno juga mengapresiasi antusiasme masyarakat saat menyambut acara Kejuaraan Dunia Perahu Motor Formula 1 (F1H20) Power Boat Danau Toba.

“Kehadiran event ini memberikan dukungan promosi yang tak terhingga kepada perekonomian Indonesia khususnya bagi masyarakat sekitar Danau Toba, terlebih event ini akan berlangsung di Indonesia setiap tahunnya hingga 2027, di mana melalui event ini ditargetkan bisa diraih keuntungan 60-70 persen lebih besar dibanding F1Powerboat,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Aquabike Jetski World Championship 2023 yang sukses digelar di empat kabupaten sekaligus yaitu Toba, Karo, Dairi, dan Samosir. Acara ini merupakan kejuaraan olahraga air internasional kedua yang dituanrumahi Danau Toba pada tahun ini. (R1)

Baca Juga:

  1. Selain F1 Powerboat, Danau Toba Bakal Disulap Jadi Pusat Olah Raga Air Dunia
  2. Mengintip Kemewahan Wisata Kapal Pinisi di Danau Toba, Rekomendasi Liburan Akhir Tahun yang Menggoda
  3. Menparekraf Luncurkan Jurnal Kepariwisataan Indonesia Volume 17 Edisi ke-2 Bulan Desember 2023
  4. Bupati Karo: Ayo ke Tongging, 128 Pembalap Dunia Adu Kecepatan Jetski di Danau Toba
  5. Bupati Karo Ajak Masyarakat Saksikan Event Aquabike Danau Toba 22-26 November 2023 di Pantai Sinalsal Tongging

Komentar