Selain F1 Powerboat, Danau Toba Bakal Disulap Jadi Pusat Olah Raga Air Dunia

Nasional1990 x Dibaca

Jakarta, Karosatuklik.com – Pemerintah melalui InJourney akan menyulap Danau Toba menjadi pusat olah raga air dunia. Sebentar lagi ajang balap perahu motor F1 Power Boat akan digelar di Danau Toba pada 2-3 Maret 2024.

“Sebagai salah satu DPSP, Danau Toba akan terus didorong untuk menghadirkan berbagai event lainnya. InJourney berharap sport water tourism yang dikemas dengan istimewa nantinya untuk dapat membentuk pariwisata yang berkesinambungan dan berkelanjutan di Danau Toba,” kata Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney Maya Watono, dalam keterangan resminya, Jumat (16/2/2024).

Adapun gelaran F1Powerboat kali ini merupakan race ke-300 yang sebelumnya telah diselenggarakan di Sharjah, Uni Emirates Arab. F1Powerboat 2024 merupakan event kedua yang diselenggarakan di Danau Toba. Pada 2023, F1Powerboat mampu menarik hingga 100 ribu pengunjung.

Pada 2024, InJourney menghadirkan F1Powerboat yang dikemas dengan festival budaya dan UMKM sebagai side event. Konsep serupa juga dikemas saat penyelenggaraan Aquabike Jetski World Championship pada November 2023. InJourney berharap adanya side event yang menampilkan panggung hiburan, festival budaya dan UMKM, juga kompetisi Solu Bolon, akan membuat kebudayaan dan UMKM daerah setempat bisa semakin dikenal di dunia.

“Demikian pula Danau Toba yang telah ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark, akan semakin menarik wisatawan baik lokal maupun mancanegara,” ujar dia.

Maya menyebut, gelaran kedua F1Powerboat di Danau Toba akan semakin istimewa, karena akan dimeriahkan dengan panggung hiburan yang menampilkan band ternama di Tanah Air seperti Ada Band, Radja, dan Wali yang merupakan band papan atas Indonesia dipastikan akan mengisi panggung hiburan yang menjadi side event F1Powerboat Danau Toba.

“Kehadiran band-band papan atas Indonesia ini diharapkan bisa menarik lebih banyak pengunjung di F1Powerboat di Danau Toba. Kami berharap F1Powerboat ini tidak hanya menjadi ajang perlombaan olahraga air, akan tetapi juga menjadi salah satu event yang mampu menarik lebih banyak wisatawan untuk berkunjung ke salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Indonesia,” tutur dia.

Maya mengungkapkan, menjelang pelaksanaan F1Powerboat di Danau Toba, saat ini persiapannya terus disempurnakan. Pada Senin, 12 Februari 2024, sebanyak 100 ton logistik untuk perlombaan sudah tiba di Pelabuhan Belawan, untuk kemudian dibawa ke Pelabuhan Napitupulu, Balige, yang akan menjadi tempat pelaksanaan F1Powerboat. Dengan kawalan aparat kepolisian, sebanyak 14 kontainer logistik telah tiba dengan baik.

“InJourney yang berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat kini terus menyempurnakan persiapan berbagai side event untuk menyukseskan kemeriahan F1Powerboat di Danau Toba,” pungkasnya.

InJourney Mau Tambah Hotel Bintang Lima di Mandalika dan Labuan Bajo

Sebelumnya diberitakan, PT Aviasi dan Pariwisata Indonesia atau InJourney berencana untuk menambah jumlah hotel bintang lima di kawasan Mandalika, dan Labuan Bajo. Hal ini guna meningkatkan akomodasi di sekitar kawasan.

Direktur Pemasaran dan Pengembangan Pariwisata InJourney Maya Watono mengungkap, ada sejumlah perusahaan hotel yang berminat. Namun, hal itu masih dalam proses negosiasi antara keduanya.

“Sudah tertarik tapi kita sedang mengkaji konsepnya, karena kita juga memiliki beberapa hotel di area Labuan Bajo di area Marina Waterfront ya,” kata dia di Kantor InJourney, Sarinah, Jakarta, Rabu (13/12/2023).

“Tapi kedepannya pasti harus ada akomodasi juga di Golomori cuma konsepnya yang kita lagi kaji apakah itu gated villa atau spt apa itu yang sedang kaji bersama,” imbuhnya.

Sementara itu, dia mengatakan setidaknya akan ada nota kesepahaman (MoU) dengan 7 perusahaan untuk mengembangkan hotel di Mandalika. Termasuk salah satunya adalah Jambuluwuk.

Maya mengatakan, untuk pembangunan di Mandalika akan dimulai pada 2024. Sementara, di Labuan Bajo masih dalam proses penentuan konsep. Beberapa hotel di Labuan Bajo yang disebut Maya yakni Mariott dan Katamaran.

“Akan ada lagi di Mandalika, Labuan bajo akan ada (hotel) bintang lima. Kita akan mulai 2024 ini kita akan mulai groundbreaking beberapa di Mandalika, dan Labuan Bajo sudah on progress, mandalika sudah groundbreaking 2024,” jelasnya.

Konsep Golomori

Maya menerangkan kalau pihaknya sedang mengkaji konsep pengembangan Golomori. Menyusul, sudah diresmikannya convention di area tersebut oleh Menteri BUMN Erick Thohir beberapa waktu lalu.

Salah satu aspek yang disorotinya adalah fasilitas untuk melengkapi infrastruktur yang sudah dibangun lebih dulu.

“Jadi ini kita sedang lakukan master planing Golomori dan kemungkinan akan jadi gated area dan ini MICE conventionnya ini sudha berdiri tapi nanti kita harus dilengkapi dengan akomodasi maupun juga fasiltias misalnya phinnisi boat ke area-area yang lain,” urai Maya.

Kantongi Investasi Rp 1,5 Triliun

Sebelumnya, Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) menandatangani kerja sama dengan investor untuk pengembangan KEK Mandalika. Direktur Utama ITDC Ari Respati mengatakan kerjasama ini memiliki nilai investasi sebesar Rp 1,5 triliun.

“Setahu saya Rp 1,5 triliun, untuk detailnya saya nggak ingat. Total keseluruhan Mou itu Rp 1,5 triliun, total investasi mereka segitu,” kata Ari saat acara penandatanganan MoU ITDC, Jakarta, Rabu (1/11/2023).

Adapun rincian dari penandatanganan kerja sama tersebut, antara lain Heads Of Agreement (HOA) antara ITDC dengan PT Arena Pacu Nusantara terkait pengembangan The Horse Tainment Estate atau Pacuan Kuda.

Kemudian penandatanganan Term Sheet Hotel dengan PT ARCS House untuk pengembangan Hotel Jambuluwuk dan kerjasama ITDC dengan PT Istana Putri Mandalika untuk pengembangan Hotel Novotel.

Selain itu, juga dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU)/Nota kesepahaman antara anak usaha ITDC yaitu ITDC Nusantara Properti dengan PT Ecomarine Indo Putra untuk pengembangan Wibit Water Sport dan Circuit Caf. (Liputan6.com)

Baca Juga:

  1. Hasil F1 Powerboat Toba GP Indonesia, Bartek Marszalek Raih Kemenangan Perdana Sepanjang Kariernya
  2. F1 Powerboat Danau Toba, Menko Luhut: Putaran Uang Diperkirakan Rp300 Miliar
  3. Spesifikasi Mesin Kapal Cepat F1 Powerboat World Championship 2023: 100 Km per Jam Hanya dalam 2 Detik

Komentar