Bawaslu Kabupaten Karo Lantik Panwaslu 17 Kecamatan, Bupati Cory Sebayang: Kawal Pilkada 2024!

Karo2426 x Dibaca

Berastagi, Karosatuklik.com – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Karo, Gemar Tarigan, ST secara resmi melantik 17 Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Karo untuk Pilkada serentak 2024, di Hotel Sibayak Berastagi, Sabtu (25/5/2024.

Pelantikan ini turut dihadiri Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang, Anggota Bawaslu Sumatera Utara, Payung Harahap, Kapolres Tanah Karo AKBP Wahyudi Rahman diwakili Wakapolres, Kompol Zulham, SH, SKom, MH, MM,

mewakili Kajari Karo, mewakili Danyon 125 Simbisa, Anggota Bawaslu Karo, Sudiman, Oda Kinata Banurea, rohaniawan Islam, Katolik dan Protestan serta undangan lainnya.

Dalam kutipan sambutannya, Gemar Tarigan menekankan, kepada seluruh anggota panwascam pilkada itu, agar berkolaborasi dan berkoordinasi dengan stakeholder atau pemangku kepentingan di wilayah kecamatan masing-masing untuk menyukseskan pesta demokrasi pilkada serentak yang berintegritas tahun 2024 ini.

“Laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab sesuai yang diamanahkan undang-undang. Jaga integritas, netralitas dan independesi sebagai pelaksana pengawas pemilu serentak tahun 2024 ini,” ujar mantan Ketua KPU Karo dua periode itu.

Selain itu, ia juga menyampaikan bahwa para anggota Panwaslu yang dilantik telah melalui proses seleksi dan evaluasi yang ketat untuk memastikan mereka memiliki kapasitas dan integritas dalam menjalankan tugas pengawasan pemilu di tingkat kecamatan.

“Kami berharap para anggota yang dilantik hari ini dapat menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya dan menjaga netralitas serta profesionalisme dalam melaksanakan kerja-kerja pengawasan,” ujar Gemar Tarigan.

Ia juga mengingatkan para anggota Panwaslu cepat beradaptasi dengan tahapan Pilkada. Penting, untuk membangun kerja sama dan koordinasi yang baik antara Panwaslu, PPK, serta instansi terkait lainnya.

“Sinergi yang baik antara semua pihak akan sangat membantu dalam menciptakan pemilu yang tertib dan teratur,” tambahnya.

Sementara Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang dalam sambutanya mengharapkan agar semua Panwas melaksanakan tanggungjawabnya secara profesional dan akuntabel, serta bekerja dengan sungguh-sungguh dengan menjaga integritas dan profesionalitas kerja-kerja pengawasan.

Ia berpesan kepada semua Anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan se-Kabupaten Karo yang baru dilantik, untuk dapat mengawal pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 secara baik, profesional, jujur dan adil.

“Semoga dapat menjalankan amanah yang telah diberikan ini dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” ujarnya.

“Kami yakin, momentum ini merupakan bagian dari upaya kita bersama guna memperkokoh komitmen agar dalam pelaksanaan pemilukada 2024 di Kabupaten Karo nantinya dapat terlaksana dengan baik tanpa pelanggaran, sehingga akan tercipta pemilukada yang aman, damai, adil, sejuk, bermarwah, berkualitas dan berintegritas,” imbuh Bupati Cory Sebayang.

Hal senada disampaikan Anggota Bawaslu Propinsi Sumatera Utara, Payung Harahap, usai acara pelantikan kepada Jurnalis Karosatuklik.com, agar Panwaslu Kecamatan tetap menjaga netralitas dan integritas.

Ia juga menyampaikan harapannya agar Panwaslu yang baru dilantik dapat berkontribusi positif dalam menciptakan pemilu yang jujur, adil, dan demokratis di Kabupaten Karo.

Selain itu, Payung Harahap menekankan bahwa peran Panwaslu tidak hanya sebatas mengawasi pelaksanaan pemilu, tetapi juga berperan dalam memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya partisipasi dalam proses demokrasi.

“Tugas Panwaslu bukan hanya mengawasi, tetapi juga mengedukasi masyarakat agar lebih memahami hak dan kewajibannya dalam pemilu,” pungkasnya.

Selanjutnya, masih dalam rangkaian pelantikan ini juga Bawaslu Karo melakukan penguatan kapasitas dgn menghadirkan nara sumber Safrida Rasakan eks ketua Bawaslu Sumatera Utara dan Dr. Jan Pagar Simamora, Dekan FH Universitas Nomensen.

Berikut Ini Nama-nama Panwaslu di 17 Kecamatan se-Kabupaten Karo:

Kecamatan Kabanjahe:

  1. Herijon Pinem
  2. Chandra Sembiring
  3. Agustinus Karo-karo

Kecamatan Berastagi:

  1. Rehulina Pandia
  2. Iskandar Asprianto Purba
  3. Eddy Tiangta Surbakti

Kecamatan Tigapanah:

  1. Rencana Ginting
  2. Ingan SIP Sembiring
  3. Prima Cornelius Tarigan

Kecamatan Barusjahe:

  1. Herison Barus
  2. Sudarto Sitepu
  3. Siman Barus

Kecamatan Merek:

  1. Hermanto Sinuraya
  2. Jonatan Ginting
  3. Aldi Widiat Miko Sembiring

Kecamatan Merdeka:

  1. Budi Murni Pulungan
  2. Juliana Srihati Silalahi

Kecamatan Dolatrayat:

  1. Sumardi Sembiring
  2. Sabar Menda Ginting
  3. Tomas Kemit

Kecamatan Munte:

  1. Erwin Tarigan
  2. Soal Ginting
  3. Lit Ate Br Ginting

Kecamatan Payung:

  1. Alba Disona Pelawi
  2. Doris Febri
  3. Davit Perdamen Surbakti

Kecamatan Naman Teran:

  1. Timbas Tarigan
  2. Putri Anggelica Br Ginting

Kecamatan Simpang Empat:

  1. Robin Peranginangin
  2. Rianto Ginting
  3. Desra Rinaldi Surbakti

Kecamatan Tiganderket:

  1. Christian Natanael Silalahi
  2. Roy Bangun

Kecamatan Kutabuluh:

  1. Agustinus Karo-karo
  2. Ernest Putra Bangun
  3. Sekretaris Sembiring

Kecamatan Tigabinanga:

  1. Muliadi Sebayang
  2. Gunadharma Sebayang
  3. Mahna Arta Pinem

Kecamatan Juhar:

  1. Dedi Natalius Tarigan
  2. Firmanta Tarigan

Kecamatan Laubaleng:

  1. Adil Tarigan
  2. Fajar Yulius Pratama Singarimbun
  3. Yogi Christian Josua Sembiring

Kecamatan Mardinding:

  1. Dedyanto Karo-karo
  2. Josafat Tarigan
  3. Aglyanan Ginting. (Redaksi1)

Baca Juga:

  1. Kawal Tahapan Pilkada 2024, Bawaslu Karo Awasi Pemutakhiran Data Pemilih
  2. Pilkada 2024: KPU Karo Resmi Lantik 85 PPK Untuk 17 Kecamatan, Berikut Ini Nama-namanya
  3. KPU Karo Umumkan Hasil Pleno Penetapan 40 Calon Terpilih DPRD Karo Hasil Pemilu 2024, Berikut Ini Nama-nama Mereka
  4. Pleno KPU Sumut Tuntas, Golkar Juara: Terbanyak Raih Kursi DPRD Provinsi dan DPR RI
  5. Tutup Orientasi PPPK Bawaslu Gelombang 2, Bagja Minta PPPK Jadi Supporting System Pengawasan Pilkada 2024

Komentar