Salak, Karosatuklik.com – Wakil Bupati Pakpak Bharat H.Mutsyuhito Solin, Dr, MPd, membuka secara resmi Bimbingan Teknis Bunda PAUD, Selasa (21/06/2022).

Kegiatan yang dilangsungkan di Balai Sada Arih, Kompleks Kantor Bupati Pakpak Bharat ini diikuti para Ketua Kelompok Kerja Bunda Paud kecamatan dan Desa se Kabupaten Pakpak Bharat.

Membentuk Karakter Anak dan Advokasi Pelaksanaan Gerakan PAUD

Saaat membuka Bimbingan Teknis ini, Wakil Bupati, menyampaikan beberapa pesan penting diantaranya, keberadaan Kelompok Kerja Bunda PAUD dapat menempatkan diri, membentuk karakter anak, dan mengarahkan anak sesuai dengan bakat dan kemampuan sianak itu sendiri.

“Kedepan ini diharapkan, terutama dengan adanya bmbingan teknis seperti ini sangat diharapkan akan dapat memberikan wawasan baru bagi seluruh pengurus Kelompok Kerja PAUD dan para guru PAUD demi tujuan mencerdaskan anak,” ucapnya.

Menurutnya dukungan bunda PAUD di semua tingkatan adalah salah satu yang strategis dalam membangun PAUD mulai dari tingkat kecamatan dan desa.

Sehingga Mutsyuhito Solin menginginkan, melalui Bimtek, Bunda PAUD menjadi figur dan tokoh sentral gerakan PAUD berkualitas, dengan memberikan sumbangan pemikiran sosialisasi, dan advokasi pelaksanaan gerakan PAUD.

Selain itu, Wakil Bupati, minta Bunda PAUD juga harus memotivasi pengelola, penyelenggara, pembina serta guru dan tenaga kependidikan dalam menyelenggarakan layanan PAUD berkualitas.

“Mendorong terciptanya layanan PAUD holistik integratif yang mencakup perawatan, pengasuhan, kesehatan gizi, pendidikan, perlindungan kesejahteraan anak usia dini,” pungkas Mutsyuhito Solin.

Sementara itu, Ketua Kelompok Kerja Bunda PAUD Kabupaten Pakpak Bharat, Prof Sri Minda Murni menjelaskan bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman bagi seluruh Bunda PAUD dan Kelompok Kerja Bunda PAUD tentang tugas pokok dan fungsi masing-masing dalam mengawal PAUD di wilayah kerja masing-masing.

Terampil dan Maksimal Menyusun Program Kerja

“Artinya, supaya mereka lebih terampil dan maksimal menyusun program kerja baik di setiap kecamatan dan desa,” harap Prof. Sri Minda Murni menjelaskan.

Kegiatan bimbingan teknis ini diikuti oleh para Bunda PAUD Kecamatan, para Kelompok Keja Bunda Paud Kecamatan, serta para Bunda PAUD dan Kelompok Kerja Bunda Desa se-Kabupaten Pakpak Bharat.

Mengingat pentingnya kegiatan ini, panitia pelaksana sengaja mengundang beberpa pembicaara dan narasumber terbaik guna memberikan materi diantaranya Wakil Ketua Kelompok Kerja Bunda PAUD Provinsi Sumatera Utara, Aminah dan Prof Sri Minda Murni sendiri. (R1)

Robert Tarigan SH

By Robert Tarigan SH

Editor dan Pimpinan Redaksi karosatuklik.com