Buka Panen Karya SMP Negeri 2 Kabanjahe 2023, Bupati Ajak Siswa Untuk Terus Berkarya

Karo915 x Dibaca

Kabanjahe, Karosatuklik.com – Kurikulum merdeka adalah kurikulum yang bertujuan untuk mengasah minat dan bakat anak sejak dini dengan berfokus pada materi esensial, pengembangan karakter, dan kompetensi peserta didik.

Hal itu diutarakan Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang didampungi Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Karo, Andreas Tarigan, MSi, saat membuka acara Panen Karya SMP Negeri 2 Kabanjahe Tahun 2023 yang mengusung tema “Kearifan Lokal, Bhineka Tunggal Ika dan Kewirausahaan.” Kegiatan ini diselenggarakan di SMPN 2 Kabanjahe, Jalan Letjen Djamin Ginting Kabanjahe Jumat (24/11/2023).

Dalam sambutannya, Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang menyampaikan rasa bangga dan mengapresiasi kegiatan tersebut, karena merupakan momen yang tepat untuk merefleksikan kembali yang sudah dikerjakan dengan baik dan yang perlu diperbaiki.

Gerakan Jalan Baru Karo Maju

Bupati juga menyampaikan bahwa Panen Karya hari ini merupakan jalan baru Karo Maju yang berintikan transformasi, yang tetap bersandar pada kearifan lokal, semangat kebhinekaan dan juga keberanian menciptakan sejarah baru yang menjadi ciri kewirausahaan.

Disampaikan juga bahwa, upaya perbaikan yang terus dikerjakan bersama secara kolaboratif untuk gerakan jalan baru Karo maju, yakni perubahan mindset, perbaikan manajemen layanan, pengutan transformasi pembelajaran dan perbaikan sarana prasarana.

“Panen Karya hari ini adalah kesempatan kita untuk melakukan refleksi perjalanan menuai kemajuan, saya ingin, anak-anak SMP Negeri 2 Kabanjahe menjadi pelajar yang memegang teguh falsafah Pancasila, pelajar yang merdeka sepanjang hayatnya dan pelajar yang mampu menyongsong masa depan dengan percaya diri,” pesan Cory Sebayang.

“Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Karo secara konsisten terus melakukan transformasi pendidikan melalui berbagai terobosan khususnya memperkuat sinergitas kebijakan merdeka belajar dan kearifan lokal yang kita sebut sebagai Gerakan Jalan Baru Karo Maju,” lanjutnya.

Ia juga tak lupa mengingatkan, untuk melestarikan budaya Karo, kearifan lokal yang dimiliki suatu daerah perlu dijaga, diwarisi dan dilestarikan agar nilai dan keasliannya tetap ada.

Bupati Cory Sriwaty Sebayang menekankan agar optimis dalam melakukan berbagai lompatan kemajuan tanpa keraguan dan yakin dengan kearifan lokal khususnya bergotong royong, agar merdeka belajar semakin cepat terlaksan dan mengajak seluruh guru-guru dan siswa/i untuk serentak bergerak wujudkan merdeka belajar.

Ia juga menghimbau, agar para guru harus senantiasa meningkatkan kapasitasnya, karena kesuksesan kurikulum merdeka akan sangat ditentukan oleh kualitas dan kemampuan guru untuk menjadikan mekanisme pembelajaran semakin efektif.

Dirinya juga berharap sekolah penggerak dapat terus meningkatkan sinergi, kolaborasi dan inovasi agar dapat lebih banyak berkontribusi dalam meningkatkan mutu pendidikan, menciptakan ekosistem sekolah masa depan yang modern dan lebih baik. (R1)

Baca Juga:

  1. Resmikan Panen Raya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila SMA Swasta Santa Maria Kabanjahe, Bupati Karo: Pentingnya Kurikulum Merdeka
  2. Hakteknas, Nadiem Apresiasi Pengguna Platform Teknologi Kemendikbudristek
  3. Launching Inovasi Daerah Tahun 2023, Bupati Karo: Era Digital Menuntut Pemerintah Terus Berinovasi

Komentar