Bupati Franc Kunjungi Perusahaan Umum Daerah Pakpak Agro Lestari

Pakpak Bharat, Sumut1698 x Dibaca

Salak, Karosatuklim.com – Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor mengunjungi Gudang dan Penjemuran Jagung milik Perusahaan Umum Daerah Pakpak Agro Lestari (PERUMDA PAL).

“Pertumbuhan jagung di Pakpak Bharat telah mengalami peningkatan yang signifikan, hal ini tentu sangat membantu peningkatan pendapatan masyarakat,” ucap Bupati di lokasi, Selasa (26/12/2023).

PJS Direktur Utama PERUMDA PAL, Jontra Sihite S.Psi, mengatakan, upaya dan supporting atas persoalan-persoalan yang dihadapi para petani jagung saat ini mutlak diperlukan.

Langkah awal yang dilakukan di PERUMDA PAL adalah membangun kemitraan dengan pelaku usaha (pengumpul jagung) yang ada di Pakpak Bharat seperti UD Juma Tani, UD Saing Kaca dan lainnya, dengan focus terhadap penangan pasca panen.

Tahun 2024, PERUMDA PAL berencana melakukan Kerjasama dengan Bank Sumut Capem Salak melalui skema “KUR KLUSTER JAGUNG”, dimana Bank SUMUT Capem Salak sebagai Pemodal dan PERUMDA PAL sebagai “OFFTAKER”.

Diharapkan dengan kerja sama ini, petani yang membutuhkan akses modal dapat memanfaatkan kerjasama ini dan PERUMDA PAL sebagai OFFTAKER yaitu menyediakan sarana prasarana sekaligus membeli hasil jagung sesuai dengan harga pasar dan kompetitif.

Budiaya tanaman jagung di Kabupaten Oakpak Bharat kian tumbuh berkembang. Seiring dengan ini, fasilitas pergudangan dan penjemuran pascapanen sesuai standard penampung besar. (R1)

Komentar