Dinilai Perjuangkan Harkat Melayu Islam, Syah Afandin Dianugerahi Temenggong Tun Hassan

Langkat, Sumut246 x Dibaca

Langkat, Karosatuklik.com – Plt Bupati Langkat H. Syah Afandin, SH menerima Anugerah Temenggong Tun Hassan oleh Presiden DMDI Tuan Yang Terutama Tun Seri Setia Dr. H. Mohd. Ali Rustam Yang di Pertua Negeri Malaka, bertempat di Jentera Malay Rumah Dinas Bupati, Senin 20 November 2023.

Anugerah Temenggong Tun Hassan memiliki arti simbol orang yang dapat dipercaya dan semangat yang kuat dalam memperjuangkan dan menegakkan harkat dan martabat Melayu Islam.

Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) menilai Plt Bupati Langkat dianugerahi gelar ini karena dipercaya dan dinilai gigih memperjuangkan bidang sosial budaya. Dimana menjadi perhatian Langkat terhadap masyarakat yang membutuhkan dan disisi lain Kabupaten Langkat, juga kuat dalam melaksanakan kegiatan budaya lintas etnis.

Gelar ini diberikan juga berdasarkan bidang pendidikan dimana Kabupaten Langkat berhasil membuat program 1 Desa 5 sarjana dimana tujuannya meningkatkan sumber daya manusia untuk menghadapi globalisasi dan bisa bersaing di era industri 4.0.

Plt Bupati Langkat H.Syah Afandin mengakui baru ini pertama kali Langkat ini dikunjungi yang dipertuah negeri Malaka, mudah mudahan ini akan membawa kebaikan untuk bumi Langkat yang kita cintai.

“Saya sangat berterima kasih kepada presiden DMDI Tuan Yang Terutama Tun Seri Setia Dr. H. Mohd. Ali Rustam Yang di Pertua Negeri Malaka yang hari ini menyerahkan anugerah ini kepada saya,” ucapnya.

“Tun Hassan, ini merupakan nama orang tua saya jadi ada kemistri antara saya dan orangtua saya. Mudah mudahan anugerah yang diberikan kepada saya bukan cuman gelar melainkan amanah yang kedepannya saya jalankan dengan sebaik mungkin,” sambungnya.

Akhirnya, Syah Afandin mengucapkan terimakasih dan kami berharap ada kerja sama lain yang kita lakukan yang akan membawa manfaat untuk masyarakat Langkat.

“Jujur saya saya sangat senang hari ini, tetapi saya juga harus memikirkan kepada generasi muda generasi penerus. Saya berharap dari sini nanti akan ada kerjasama pemuda Langkat untuk bisa berkreasi bagaimana mereka bisa mengembangkan potensi mereka baik di bidang kerja maupun lainnya dengan negeri Malaka,” harapnya.

Selanjutnya pemberian Anugerah Temenggong Tun Hassan kepada Plt Bupati Langkat H. Syah Afandin, SH oleh Presiden DMDI Tuan Yang Terutama Tun Seri Setia Dr. H. Mohd. Ali Rustam Yang di Pertua Negeri Malaka dengan memakaikan mendali dan pemberian sijil.

Dilanjutkan penyerahan penghargaan kepada Plt. Bupati Langkat dan masyarakat Langkat oleh ketua MUI Langkat H. Zulkifli Ahmad Dian LC, MA berkat kepeduliannya kepada Palestina dimana beliau menyumbangkan Rp100 juta kepada Palestina.

Presiden DMDI Tuan Yang Terutama Tun Seri Setia Dr. H. Mohd. Ali Rustam Yang di Pertua Negeri Malaka, menjelaskan Ini pertama kali saya datang ke Langkat dan dapat memberikan kepada bapak Bupati kita.

“Bapak bupati ini memang hebat, beliau mewariskan dari abangnya Alm. H. Syamsul Arifin,” ucapnya.

Mudah mudahan dengan semangat Langkat ramai orang Melayu di Langkat, kata Presiden DMDI, akan jadi hartawan dan dermawan.

Ia menjelaskan, DMDI ini sudah 23 tahun yang lalu dibangun, tujuannya agar hubungan Melayu seluruh dunia terakses agar pendidikan, agama, ekonomi, masalah sosial dapat dibahas dan didiskusikan bersama untuk lebih baik.

“Harapannya DMDI juga akan mampu mempererat silaturahmi antara Langkat dan Malaka melalui gelar yang saya berikan kepada Plt. Bupati Langkat ini,” harapnya.

Ketua DMDI Sumatera Utara Dr.H. M.Isa Indrawan, SE, MM mengatakan, kegiatan ini berjalan berkat dukungan dan dorongan dari Plt. Bupati Langkat. Hal ini wajar karena Langkat dan Malaka hampir sama secara etnis, budaya, banyak kemiripan.

“Kita doakan semoga Langkat menjadi world class city berbasis Melayu dan semoga Langkat akan menjadi pusat nya Melayu di pantai Utara,” ucapnya.

Sambutan Ketua DMDI Indonesia Datuk H. Said Aldi Al Idrus. Ia mengatakan apa yang kita lihat atas anugerah Temenggong Tun Hassan bukanlah sekedar gelar saja, bupati ini sangat menyayangi masyarakat melayu, masyarakat islam sehingga Allah menganugerahkan dan mengamanahkan gelar ini kepada beliau.

Anugerah Tumenggung Tun Hassan ini seharusnya diberikan di Phnom Penh Kamboja namun Plt. Bupati Langkat berhalangan hadir. Namun pada hari ini dengan kebesaran hati Tun Seri Setia hari ini Tun berkenan menganugerahkannya langsung di Stabat Kabupaten Langkat ini.

“Kami selaku Ketua DMDI Indonesia menyampaikan bahwa Plt. Bupati Langkat ini layak untuk menerima anugerah Temenggong Tun Hassan. Kami berharap pemberian anugerah ini membuat kedepannya ada ide baru untuk memajukan kota kembar Langkat dan Malaka,” harapnya.

“Mudah mudahan Allah mempermudah pak bupati melanjutkan jabatannya 5 tahun kedepan,” doanya.

Selanjutnya Penandatanganan Kesepakatan Bersama Kajian kota kembar antara Langkat dan Malaka serta pemberian beasiswa pendidikan kepada 3 mahasiswa oleh Presiden DMDI, Ketua DMDI Indonesia, Ketua DMDI Sumatera Utara, Plt Bupati Langkat dan Sekretaris Daerah Kabupaten Langkat.

Selanjutnya Penandatanganan dan pengesahan Tugu Tanjak oleh presiden DMDI. Momen ini juga sekaligus peresmian tugu tanjak. Dilanjutkan pemberian cinderamata khas kepada presiden DMDI Tuan Yang Terutama Tun Seri Setia Dr. H. Mohd. Ali Rustam Yang di Pertua Negeri Malaka.

Turut Hadir Presiden DMDI Tuan Yang Terutama TUN SERI SETIA Dr. H. Mohd. Ali Rustam Yang di Pertua Negeri Malaka, Ketua DMDI Indonesia Datuk Sri H.Said Aldi Al Idrus, SE, Ketua DMDI Malaysia Datok H. Nasir Abdul Ghani beserta rombongan, Ketua DMDI Putra Jaya Datok Joyah Rasyid, Konjen Malaysia di Medan Bapak Ayub Umar, Ketua DMDI Sumut Dr. H. Muhammad Isa Indrawan, SE., MM.

Sekda Langkat H. Amril, S.Sos, M.AP, Para OPD Pemkab. Langkat, Perangkat daerah (Camat) sekab. Langkat, Ketua DMDI Langkat Agung Kurniawan, Ketua MUI Langkat H. Zulkifli Ahmad Dian LC, MA, Ketua PD. Alwasliyah Kab. Langkat Drs. Syahrizal MZ, tokoh Melayu Langkat, tokoh agama dan masyarakat Langkat. (R1)

Komentar