Fun Run Hitung Mundur PON 2024 Bersama Menpora, Pj Gubernur Sumut: Persiapan Sudah On The Track

Sumut448 x Dibaca

Jakarta, Karosatuklik.com – Mengikuti Fun Run 5 Km Hitung Mundur Pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumut bersama Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Ariotedjo di Jakarta, Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin menyampaikan persiapan Provinsi Sumut sebagai tuan rumah PON XXI, bersama Aceh, sudah on the track.

“Sumatera Utara saat ini sudah on the track dalam hal persiapan, baik dari sisi penyelenggaraan maupun persiapan kontingen,” ujar Pj Gubernur Sumut Hassanudin, usai mengikuti Fun Run 5Km di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (17/9/2023).

Hassanudin menjelaskan, Provinsi Sumut telah membangun beberapa venue seperti GOR Martial Arts dengan progres 34%, stadion Madya Atletik (37%), GOR Indoor Voli tahap 1, Sirkuit Motocross tahap awal, serta renovasi beberapa venue yang sudah tersedia.

Untuk persiapan penyelenggaraan sendiri, Hassanudin juga menyampaikan, bahwa Pemprov Sumut telah menggelar beberapa kali bimbingan teknis (Bimtek) untuk PB PON di tahun ini. Termasuk penyusunan anggaran penyelenggaraan PON XXI/2024, yang akan dibuka 8 September 2024 mendatang.

Pun begitu, Hassanudin mengatakan, bahwa dalam persiapan hingga penyelenggaraan PON XXI/2024 mendatang, sangat membutuhkan dukungan penuh dari Pemerintah Pusat. Mengingat pada tahun yang sama, ada perhelatan pesta demokrasi, Pemilu Legislatif dan Pilpres, serta Pilkada Setentak.

Sementara Menpora Dito Ariotedjo menyebutkan, pelaksanaan Fun Run Hitung Mundur PON XXI/2024, terhitung 358 hari menjelang perhelatan akbar tersebut. Kegiatan yang melibatkan 2.500-an orang di Jakarta ini, mengajak semua pihak menyosialisasikan, serta mendukung event agar meraih kesuksesan.

Pada acara yang dihadiri Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Marciano dan Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki, Menpora mengatakan, bahwa hadirnya dua kepala daerah selaku tuan rumah PON XXI/2024 menandakan persiapan dan kesiapan yang dikerjakan bersama, berkolaborasi dan memastikan komitmen dalam penyelenggaraan.

Ini sejarah untuk PON, pertama kali peserta 38 provinsi dan diadakan di dua provinsi sekaligus. Ada tantangannya, dan akan menjadi cerita sukses dalam hal collaborative action plan (rencana aksi kolaboratif). Sebagaimana Indonesia ini juga dibangun dengan kebersamaan,” pungkasnya.

Turut hadir mendampingi Pj Gubernur Hassanudin, di antaranya, Kepala Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Sumut Baharuddin Siagian, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumut Ilyas S Sitorus, dan Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis (R1)

Komentar