Garuda Muda Imbangi Jawara Korea

Sepakbola, Sport871 x Dibaca

Jakarta, Karosatuklik.com – Hasil pertandingan uji coba kelima timnas Indonesia U-19 dalam pemusatan latihan di Korea Selatan kontra Gimcheon Sangmu FC yang digelar pada Selasa (05/04/2022).

Garuda Muda asuhan Shin Tae-yong menunjukkan penampilan apik di Auxiliary Mini Stadium usai meraih hasil imbang 2-2.

Terutama apabila melihat kualitas Gimcheon yang merupakan kesebelasan juara kasta kedua Korsel pada musim 2021 lalu.

Gimcheon tidak memainkan semua pemain bintang mereka melainkan legiun U-18, namun secara garis besar mereka adalah klub yang kuat.

Garuda Muda Imbangi Jawara Korea

Tengah Menjalani Wajib Militer

Gimcheon merupakan tim unik karena dibentuk dengan menggunakan materi pemain-pemain profesional dari semua divisi sepak bola Negeri Gingseng yang tengah menjalani wajib militer.

Saat ini mereka tengah berkompetisi di K-League 1 dan sementara bertengger di lima besar usai tujuh pekan berlalu.

Kendati menurunkan banyak pemain pelapis pada susunan sebelas pertama, namun timnas Indonesia U-19 justru bisa unggul lebih dulu pada menit ke-37.

Pencetak gol mereka adalah penyerang sayap kiri milik Persiraja Banda Aceh yakni Subhan Fajri yang baru berusia 18 tahun.

Hanya saja, Gimcheon Sangmu FC tidak membiarkan timnas Indonesia U-19 menikmati keunggulan saat memasuki ruang ganti karena saat waktu normal babak pertama hanya menyisakan dua menit saja mereka bisa menyamakan skor.

Kedudukan 1-1 bertahan hingga wasit meniupkan peluit panjang tanda berakhir perhelatan babak pertama.

Garuda Muda Imbangi Jawara Korea

Babak Kedua

Di paruh kedua, sejumlah pergantian pemain dilakukan oleh Shin Tae-yong dan kebijakan rotasi ini memang sudah dilakukan sejak uji coba pertama.

Timnas Indonesia U-19 memasukkan Rafli Asrul sebagai salah satu pemain pengganti dan keputusan tersebut terbukti jitu.

Pasalnya, alumni program Garuda Select yang kini berkostum PSM Makassar tersebut bisa langsung mencetak gol kedua timnya pada menit ke-57.

Hanya saja seperti di babak pertama, Merah-Putih gagal untuk melindungi keunggulan mereka di saat-saat krusial.

Memasuki tiga menit pamungkas sebelum datangnya injury time, Gimcheon Sangmu FC kembali menggetarkan jala gawang timnas Indonesia U-19.

Skor 2-2 kemudian menjadi hasil akhir dari pertandingan ini namun bukan sesuatu yang harus disesalkan oleh Garuda Muda. Shin Tae-yong dan anak-anak asuhnya masih bisa mengakhiri lawatan ke Korea Selatan dengan hasil baik mengingat ada dua partai persahabatan lain yang menunggu.

Pada Rabu (06/04/22) nanti timnas Indonesia U-19 akan menjajal Pohan Steelers U-18 dan sehari setelahnya Daegu FC U-18 juga siap dijajal. (IndoSport)