Harga Lebih Murah Rp 100 Jutaan, Mobil Listrik DFSK Gelora E Produksi Lokal Meluncur Tahun Depan

Otomotif922 x Dibaca

Jakarta, Karosatuklik.com – PT Sokonindo Automobile (DFSK) berencana untuk memproduksi secara lokal mobil listriknya yakni Gelora E di pabrik Cikande, Serang, Banten pada tahun depan.

Seperti diketahui, DFSK Gelora E yang dipasarkaan di Tanah Air sejak 2021 lalu masih berstatus Completely Built Up (CBU) alias diimpor secara utuh dari China.

Alexander Barus, CEO DFSK mengatakan, alasan produksi lokal ini lantaran permintaan DFSK Gelora E terus mengalami pertumbuhan yang signifikan dari berbagai pihak.

“Untuk melanjutkan komitmen ini pada 2023, kami akan menghadirkan kendaraan listrik DFSK Gelora E buatan dalam negeri hasil produksi anak bangsa,” ujar Alexander saat berada di Ancol, Jakarta Utara, Rabu (14/12/2022).

Lanjut menurut Alexander, produksi lokal DFSK Glora E ini diharapkan bisa menghadirkan kendaraan komersial listrik yang semakin terjangkau tanpa mengurangi kualitas.

Sementara untuk strategi elektrifikasi DFSK pada 2023 mendatang, tidak berhenti terhadap lokalisasi produk semata.

“Kami juga sudah mempersiapkan aspek pendukung, mulai dari mekanik yang terlatih dan tersertifikasi untuk menangani kendaraan listrik sampai ketersediaan suku cadang orisinal untuk memastikan operasional sehari-hari berjalan dengan lancar,” paparnya.

“Semua ini kami berikan demi melayani konsumen dengan menghadirkan mobilitas yang menyenangkan,” sambung Alexander.

Menariknya lagi, harga yang ditawarkan untuk DFSK Gelora E produksi lokal nantinya akan lebih murah, yakni berada di kisaran Rp 350 juta hingga Rp 390 juta.

Sedangkan harga Gelora E yang masih berstatus CBU saat ini dijual dengan banderol Rp 484 juta on the road (OTR) DKI Jakarta.

Adapun Sales and Marketing Director DFSK, Rifin Tanuwijaya, menambahkan bahwa produksi lokal Gelora E rencananya akan dimulai pada awal tahun depan.

“Mungkin Januari atau Februari 2023 untuk yang Gelora E mulai kami produksi lokal,” pungkas Rifin.

Tempuh Jarak 1.250 Kilometer, DFSK Gelora E Ikuti Touring Kendaraan Listrik Jakarta-Bali dari Kemenhub

Sekedar mengingatkan kembali, DFSK turut berpartisipasi dalam acara ‘Turing Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai’ dari Jakarta menuju Bali yang diinisiasi oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pada 7 – 11 November 2022.

Dalam touring kendaraan listrik Jakarta-Bali tersebut, PT Sokonindo Automobile selaku agen pemegang merek DFSK di Indonesia menghadirkan mobil listrik DFSK Gelora E.

Adapun Keikutsertaan DFSK dalam turing kendaraan listrik Jakarta-Bali ini yaitu karena kesamaan visi dan misi Kemenhub dalam mensosialisasikan electric vehicle secara lebih luas lagi kepada masyarakat.

Achmad Rofiqi, Marketing Head PT Sokonindo Automobile mengatakan, touring jarak jauh ini menjadi momen yang tepat untuk menunjukkan kemampuan penggunaan kendaraan listrik kepada masyarakat.

“Bagi DFSK sendiri ini menjadi bukti kepada masyarakat bahwa pengembangan kendaraan listrik yang sudah dilakukan selama ini benar-benar cocok bagi kondisi serta kebutuhan di Indonesia,” ujar Rofiqi dalam keterangan resminya, Senin (7/11/2022).

Lebih lanjut, touring kendaraan listrik Jakarta-Bali ini juga turut memberi edukasi kepada masyarakat di wilayah Surakarta Jawa Tengah dan Jember Jawa Timur.

Masyarakat di kedua kota tersebut, dipersilakan secara langsung untuk mengetahui dan menggali informasi lebih dalam soal berbagai manfaat hingga keunggulan yang ditawarkan oleh kendaraan listrik.

Dalam agenda yang menempuh jarak 1.250 kilometer dari Kemenhub ini, DFSK Gelora E diharap dapat menjadi salah satu contoh bagaimana kendaraan listrik niaga ini dianggap cocok untuk berbagai kebutuhan usaha maupun perjalanan jarak jauh sekalipun.

Perjalanan jarak jauh bersama DFSK Gelora E diklaim memungkinkan sebab kendaraan niaga tanpa emisi gas buang ini didukung dengan pengisian fast charging sebanyak 20 – 80 persen hanya membutuhkan waktu 80 menit yang bisa dipakai untuk jarak tempuh hingga 300 kilometer.

Dengan event tersebut, DFSK juga berharap produk electric mobility (ELMO) miliknya bisa semakin diterima konsumen di Tanah Air.

“Kami berharap dengan adanya touring kali ini akan semakin memasyarakatkan kendaraan listrik di Indonesia. Terlebih, kami yang mengikutsertakan DFSK Gelora E ini bisa menunjukkan bagaimana kemampuannya dalam menunjang mobilitas antar kota antar provinsi,” bilang Rofiqi.

Sekadar informasi, DFSK Gelora E ditawarkan dalam dua varian yakni E-BV berjenis Blind Van dan E-MB yang merupakan Mini Bus.

Harga DFSK Gelora E varian E-BV per November 2022 Rp 484 juta, sedangkan varian E-MB ditawarkan Rp 582,1 juta on the road (OTR) Jakarta. (GridOto)