Ini 48 Nama Calon Anggota KPU-Bawaslu yang Lolos Tes Tertulis dan Psikologi

Politik1222 x Dibaca

Jakarta, Karosatuklik.com – Tim Seleksi (Timsel) Calon Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) menetapkan 48 bakal calon anggota KPU dan Bawaslu lolos Tes Tertulis Penulisan Makalah dan Tes Psikologi yang dilaksanakan pada 24-25 November 2021 di Jakarta International Expo (JIEXPO), Jakarta.

Ketua Tim Seleksi (Timsel) Calon Anggota KPU dan Bawaslu Juri Ardiantoro mengatakan, dari 48 orang itu, 28 di antaranya merupakan bakal calon anggota KPU. Sementara sisanya adalah bakal calon anggota Bawaslu.

Adapun nama-nama 48 bakal calon anggota KPU dan Bawaslu adalah sebagai berikut:

a. Bakal Calon Anggota KPU adalah Abhan, August Mellaz, Badrul Munir, Betty Epsilon Idroos, Choirul Anam, Dahliah, Diana Fawzia, Hasyim, Hasyim Asyari, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, Idham Kholik, Iffa Rosita, Ilham Saputra dan Irfan Zen.

Kemudian Iwan Rompo Banne, M Fajar Subhi Arif, Mimah Susanti, Misna M Hattas, Mochammad Afifuddin, Muchamad Ali Safa’at, Nuraida Fitri Habi, Nurul Sutarti, Parsadaan Harahap, Riant Nugroho, Umi Rifdiyawaty, Viryan, Yessy Yatti Momongan dan Yulianto Sudrajat.

b. Bakal Calon Anggota Bawaslu adalah Aditya Perdana, Andi Tenri Sompa, Duke Arie Widagdo, Fritz Edward Siregar, Herwyn Jefler Hielsa Malonda, Zaki Sierrad, Leopold Sudaryono, Lolly Suhenty, Mardiana Rusli dan Muhammad Amin.

Kemudian Muhammad Jufri K, Nuning Rodiyah, Puadi, Rahmat Bagja, Rahmat Hollyson Maiza, Ruhermansyah, Siti Baroroh, Sitti Rakhman, Subair dan Totok Hariyoni.

Pastikan Penuhi Keterwakilan Kaum Hawa

Tim Seleksi (Timsel) Calon Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) menetapkan 48 bakal calon anggota KPU dan Bawaslu lolos Tes Tertulis Penulisan Makalah dan Tes Psikologi yang dilaksanakan pada 24-25 November 2021 di Jakarta International Expo (JIEXPO), Jakarta.

Juri memastikan bahwa nama-nama yang lolos telah memenuhi keterwakilan perempuan sebanyak 30 persen. Untuk bakal calon anggota KPU tercatat ada 10 orang perempuan. Sementara untuk Bawaslu ada enam orang perempuan.

“Dari 28 orang bakal calon anggota KPU yang berhak mengikuti tahap selanjutnya, 18 orang berjenis kelamin laki-laki dan 10 orang perempuan. Jadi kalau dipersentase ada 35,7 persen perempuan ini sudah melewati ambang batas 30 persen keterwakilan perempuan di bakal calon anggota KPU,” ujar Juri dalam konferensi pers daring, Jumat (3/12/2021).

Mereka selanjutnya akan mengikuti sejumlah tes lanjutan yang akan menyisakan 14 calon anggota KPU dan 10 orang calon anggota Bawaslu. Ke-24 nama itu dijadwalkan bakal diserahkan ke Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada 7 Januari 2022.

Adapun tes lanjutan untuk memilih 24 calon anggota KPU/Bawaslu tersebut bakal diadakan pada awal sampai akhir bulan ini. Di mana perinciannya sebagai berikut:

a. Tes Psikologi Lanjutan (Dinamika Kelompok) tanggal 9–11 Desember 2021;

b. Tes Kesehatan tanggal 26–30 Desember 2021;

c. Wawancara Bakal Calon Anggota Bawaslu tanggal 26-27 Desember 2021;

d. Wawancara Bakal Calon Anggota KPU tanggal 28-30 Desember 2021.

“Tempat pelaksanaan tes akan dilakukan di Jakarta,” ujar Juri. (R1/Liputan6.com)

Baca juga:

1. Timsel Akan Libatkan Institusi Khusus Telusuri Rekam Jejak Calon Anggota KPU-Bawaslu

2. Ini Nama 11 Anggota Tim Seleksi Anggota KPU-Bawaslu

3. Pendaftaran Ditutup, 853 Orang Bakal Bersaing Jadi Calon Anggota KPU-Bawaslu

4. Timsel Gelar Tes Tertulis bagi Calon Anggota KPU dan Bawaslu

5. DPR: Biaya Pemilu, Pilkada, Pilpres 2024 Sekitar Rp140 Triliun