Ketua Bawaslu: 30 Petugas Pengawas Pemilu 2024 Meninggal Dunia

Nasional1586 x Dibaca

Jakarta, Karosatuklik.com – Ketua Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) RI Rahmat Bagja mengatakan, ada sebanyak 30 petugas pengawas Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang meninggal dunia. Jumlah tersebut terhitung sejak 14 Februari 2024 hingga Senin, 26 Februari 2024.

“Sampai hari ini kan kita hitung, karena kan masa jabatannya sampai dengan hari ini aja. Saya harus cek, sampai minggu ini ada penambahan dua,” kata Ketua Bawaslu di Jakarta, Senin (26/2/2024).

“Jadi sekitar 2 atau berarti sekitar 30 orang. Bukan hanya, kalau enggak salah ada PKD (Pengawas Kelurahan Desa, ada juga Panwascam),” sambungnya.

Menurut Bagja, banyaknya petugas pengawas Pemilu yang meninggal dunia tersebut diduga karena faktor kelelahan. Hal ini akan dijadikan bahan evaluasi Bawaslu untuk penyelenggaraan pemilu selanjutnya.

Bagja menegaskan, para petugas pengawas pemilu yang meninggal dunia nantinya akan diberikan santunan.

Hingga kini Bawaslu masih melakukan pendataan terhadap sejumlah petugas yang mengembuskan napas terakhirnya dalam bertugas.

“(Sudah diberikan santunan) Tergantung nanti dari akta kematian, ada yang sudah diberikan ada yang kemudian juga ada yang belum karena proses administrasi,” ucap Rahmat Bagja mengakhiri. (R1/Merdeka.com)

Komentar