Komitmen Penguatan Kerja Sama KPU, Bawaslu dan PPATK dalam Pengawasan Dana Kampanye

Nasional580 x Dibaca

Jakarta, Karosatuklik.com – Deputi Bidang Dukungan Teknis, Eberta Kawima hadir sebagai pembicara Focus Group Discussion (FGD) Mendukung Pemilu/Pilkada Sebagai Sarana Integrasi Bangsa, yang digelar Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), di Jakarta, Selasa (22/8/2023).

Wima menyampaikan, KPU perlu dukungan PPATK dan lembaga perbankan dalam tahapan kampanye dan dana kampanye.

Salah satunya untuk memberikan layanan transaksional keuangan untuk membiayai dana kampanye bagi peserta pemilu. Agar transaksional tersebut dapat berjalan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, termasuk melakukan analisis sumber sumbangan dana kampanye dan jumlah transaksinya.

Hal lain yang Wima sampaikan terkait pemanfaatan Sistem Informasi Kampanye dan Dana Kampanye (Sikadeka) penyempurnaan dari

aplikasi Sidakam, yang berfungsi sebagai alat bantu yang dapat memudahkan KPU,

PPATK dan perbankan serta pemangku kepentingan lainnya dalam hal pencatatan/pendokumentasian secara digital pelaksanaan kegiatan kampanye dan pengelolaan dana kampanye

Hadir narasumber lain, Plt Deputi Analisis dan Pemeriksaan Danang Tri Hartono serta dari Forum Komunikasi Direktur Kepatuhan Perbankan Kris Hananto. #KPUMelayani#PemiluSerentak2024. (R1)

Komentar