KONI Berharap Garuda Beri Kemudahan Angkut Alat Pertandingan untuk PON 2024

Sport1676 x Dibaca

Jakarta, Karosatuklik.com – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) berharap PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk memberi kemudahan pengangkutan alat pertandingan saat Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara (Sumut) dan agenda multievent lainnya.

Dalam keterangan tertulis di laman KONI Pusat yang dipantau ANTARA di Jakarta, Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman meminta dukungan transportasi orang dan juga bantuan kemudahan untuk transportasi peralatan pendukung pelaksanaan event kepada Garuda Indonesia (GI).

“Saya berharap KONI Pusat dapat berkolaborasi dengan GI sehingga menjadi suatu hal menarik. Dari 36 Provinsi yang akan mengikuti PON XXI Aceh-Sumut, semoga dapat kemudahan khususnya dalam pengiriman peralatan pertandingan,” kata dia saat menerima kunjungan Direktur Utama GI Irfan Setiaputra, di Kantor KONI Pusat, Kamis.

Ia menambahkan, selain pelaksanaan PON XXI Aceh-Sumut, KONI juga mempunyai agenda terobosan multievent lainnya, yaitu Indonesia Martial Art Games (IMAG) II/2025, Pekan Olahraga Pantai Nasional, Pekan Olahraga Indoor Nasional, dan PON Remaja.

Oleh karena itu, GI sebagai salah satu perusahaan badan usaha milik negara (BUMN), diharapkan turut berkontribusi pada kegiatan olahraga yang berdampak kepada sport tourism.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan siap untuk mendukung peningkatan prestasi olahraga di tanah air, melalui dukungan dalam pelayanan penerbangan udara, serta fasilitas pelayanan bagi para atlet, ofisial dan jajaran pengurus KONI.

“Saya berharap bahwa rencana kerja sama dengan KONI dapat terpublikasi ke KONI provinsi (kontingen), terkait pengangkutan peralatan saya menyarankan kepada kontingen dapat mengirimkan peralatan secara bertahap,” ujar Irfan.

Sebelumnya, KONI Pusat dan Garuda Indonesia telah sah bekerja sama sejak 2021.

Dua entitas itu telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk bekerja sama di Hanggar 2 GMF AeroAsia, Cengkareng, pada 7 Mei 2021. Kini, kerja sama kembali diperkuat, khususnya untuk transportasi peserta dan tamu PON XXI Aceh-Sumut pada September nanti.

Pj Gubernur ajak Garuda Indonesia Sukseskan PON Aceh-Sumut 2024

Pj Gubernur Aceh, Bustami mengajak maskapai Garuda Indonesia Airways untuk mendukung kesuksesan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 yang akan berlangsung September mendatang.

“PON adalah event besar, ini tentu menjadi momentum yang sangat baik bagi Aceh untuk mempromosikan Bumi Serambi Mekah ini secara lebih luas kepada saudara kita para kontingen PON se-Indonesia,” kata Bustami, di Banda Aceh, Kamis.

Permintaan itu disampaikan Pj Gubernur Aceh saat menerima kunjungan Vice Presiden Garuda Indonesia Wilayah Sumatera Fitria Ruswita dan General Manager Garuda Indonesia Wilayah Aceh Nano Setiawan, di Banda Aceh.

Dalam pelaksanaan PON, kata dia, sektor transportasi udara sangat diharapkan secara bersama-sama mensukseskan event nasional tersebut.

“Transportasi udara, Garuda Indonesia tentu harus turut berkontribusi bagi suksesnya pelaksanaan PON di Aceh,” ujar Bustami.

Menanggapi hal tersebut, Vice Presiden Garuda Indonesia Wilayah Sumatera, Fitria Ruswita, menyatakan kesiapan maskapainya mendukung pelaksanaan PON XXI Aceh-Sumut dengan menambah jumlah flight.

“Garuda Indonesia tentu sangat mendukung suksesnya pelaksanaan PON XXI,” kata Fitria.

Untuk PON, lanjut dia, sejak 23 Agustus hingga 24 September 2024 nanti, Garuda Indonesia akan melakukan penambahan dua hingga tiga flight setiap harinya. Kemudian, tempat duduk juga ada penambahan hampir 16 ribu.

“Kami siap lakukan ticketing dan reservasi di lokasi yang strategis yang ramai, jadi kontingen tidak perlu ke counter Garuda Indonesia. Kita juga melakukan pelayanan cargo,” ujarnya.

Dirinya menuturkan, PON merupakan event besar, tentunya Garuda memberikan dukungan, dan berkontribusi agar PON di Aceh berjalan sukses seperti yang diharapkan.

“Kami juga siap membantu sosialisasi pelaksanaan PON, dengan sosialisasi dan promosi di bandara maupun di kabin pesawat,” demikian Fitria. (Ant)

Baca Juga:

  1. Lahan Sport Center Sumut Seluas 300 Hektar Akhirnya Bersertifikat
  2. Pembangunan Sport Centre Sumut Dikebut, Target Rampung Sebelum PON 2024
  3. Pembangunan Sport Centre Seluas 14 Hektar di Siosar Terus Dikebut, Diharapkan PON Sumut-Aceh 2024 Bisa Digunakan

Komentar