Masuk Empat Besar PPD 2024 se-Sumut, Bupati Karo Paparkan Inovasi Meningkatkan Produksi Pertanian

Karo2221 x Dibaca

Medan, Karosatuklik.com – Dalam Penilaian Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2024, Kabupaten Karo masuk dalam 4 nominasi seluruh kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Utara, Medan, Senin (19/2/2024).

Adapun keempat nominasi itu adalah Kabupaten Karo, Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Serdang Bedagai, dan Kabupaten Tapanuli Selatan.

Pada tanggal 15 Februari 2024, Tim Penilai yang terdiri dari Tim Penilai Independen dan Tim Penilai Teknis melakukan kunjungan ke Kabupaten Karo, dalam kesempatan ini disambut oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Karo, Drs. Kamperas Terkelin Purba, M. Si dan Kepala Perangkat Daerah yang memiliki program-program unggulan dalam rangka pencapain Prioritas Pembangun Daerah Kabupaten Karo Tahun 2023.

Tim Penilai Provinsi beserta tim dari pemerintah daerah juga melakukan kunjungan ke lokasi pelaksanaan inovasi pupuk kompos Pisosurit di Desa Narigunung I.

Secara garis besar, program ini untuk mengatasi persoalan adanya keresahan petani, dimana harga pupuk yang semakin mahal dan semakin rusaknya tanah akibat dampak penggunaan pupuk anorganik secara terus menerus.

Mendukung Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan

Pada kesempatan ini, Bupati Cory Sebayang didampingi Kepala Bappedalitbang, Ir Nasib Sianturi, MSi, mempresentasikan inovasi-inovasi Kabupaten Karo dalam mendukung Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan berkelanjutan yang merupakan Tema Rencana Kerja Pemerintah Tahun 2024.

Bupati menyebut, Kabupaten Karo memiliki potensi pertanian yang sangat besar. Untuk itu, inovasi pupuk kompos Pisosurit di Desa Narigunung I dan program-program unggulan lainnya dalam rangka pencapain Prioritas pembangun daerah Kabupaten Karo tahun 2023 punya peranan penting dalam meningkatkan produksi pertanian, paparnya dihadapan Tim Penilai Provinsi Sumut.

“Tim penilai mendukung adanya inovasi tersebut dan memberikan beberapa masukan guna pengembangan inovasi dan langsung di utarakan kepada para petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Lau Jering dan Desa Narigunung Kecamatan Tiganderket,” ungkapnya.

“Inovasi – Inovasi yang telah dilakukan diharapkan dapat di terapkan diseluruh kecamatan di Kabupaten Karo sehingga nantinya dapat mendukung Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan berkelanjutan yang merupakan Tema Rencana Kerja Pemerintah tahun 2024,” ujar Bupati.

Masih lanjut Bupati, inovasi tersebut adalah bukti pemerintah hadir di tengah masyarakat terkhusus kepada sektor pertanian ini. Dirinya berharap program ini berlanjut dan berkembang sehingga Kabupaten Karo bisa mempertahankan status swasembada sejumlah komoditi pertanian dalam menyuplai kabupaten/kota di Sumatera Utara, imbuhnya.

Pemkab Karo, papar Bupati menambahkan, akan terus membantu dan memfasilitasi masyarakat kususnya generasi muda milenial dalam hal apapun khususnya hal positif untuk kemajuan masyarakat,” tandasnya.

Tim Penilai Provinsi Sumatera Utara menekankan pentingnya keberlanjutan dalam inovasi, sehingga apa yang diusung pada tahun ini hendaknya tidak hanya berhenti di sini.

Seperti telah diketahui, Kabupaten Karo berhasil masuk nominasi 6 (enam) besar Tahap I Penilaian Dokumen Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2024 Provinsi Sumatera Utara, bertempat di Kantor Bappelitbang Provinsi Sumatera Utara, Medan, Senin (12/2/2024) lalu.

Penghargaan Pembangunan Daerah ini diberikan kepada Kabupaten/Kota berdasarkan hasil penilaian terkait perencanaan pembangunan daerah. (R1)

Berita Juga:

  1. Pemkab Karo Masuk Enam Besar Penilaian Dokumen Penghargaan Pembangunan Daerah 2024
  2. Bupati Karo Minta, RKPD 2024 Perkuat Sektor Pertanian, Pariwisata dan Infrastruktur
  3. Andalkan Inovasi Budidaya Kentang Bertingkat, Pemkab Karo Juara II Lomba Inovasi Sumatera Utara 2021
  4. Pemkab Karo Andalkan Aplikasi “Karo Erlajar” Lomba Inovasi Daerah se- Sumatera Utara 2022
  5. Pemkab Karo Andalkan 40 Inovasi Daerah Dalam Kompetisi IGA Award Kemendagri

Komentar