Optimistis Terwujudnya Indonesia Emas 2045, Bupati Cory Sebayang Dukung Sinkronisasi Pusat-Daerah

Karo1615 x Dibaca

Jakarta, Karosatuklik.com – Bupati Kabupaten Karo, Cory Sriwaty Sebayang optimitis Musyawarah Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) menjadi tonggak terwujudnya Indonesia Emas 2045.

Hal itu disampaikan Cory Sriwaty Sebayang saat menghadiri Musrenbangnas 2024 yang berlangsung di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Senin (6/5/2024).

Menurutnya, Musrenbangnas 2024 merupakan sejarah selarasnya pemerintahan pusat, provinsi, dan kabupaten/kota dalam perencanaan pembangunan.

“Saya berharap Musrenbang di Kabupaten Karo mesti selaras mengacu pada provinsi dan pusat,” ujarnya.

Musrenbangnas kali ini mengusung tema “Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan”.

“Kami siap untuk menindaklanjuti arahan Bapak Presiden Jokowi terkait hasil Musrenbangnas. Kabupaten Karo akan menyusun program dan kegiatan yang selaras dengan tema tersebut,” kata Bupati.

Dia menjelaskan, Pemkab Karo akan fokus pada upaya-upaya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang merata dan berkelanjutan. Hal ini sejalan dengan visi untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Karo.

Bupati Cory Sriwaty Sebayang menyampaikan bahwa visi Kabupaten Karo yang dituangkan dalam RPJPD Kabupaten Karo tahun 2025-2045 adalah Karo Maju, Berkelanjutan dan Mejuah-juah.

“Sekilas saya sampaikan bahwa visi yang dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) adalah Maju dan Berkelanjutan merupakan wujud sinkronisasi terhadap perencanaan nasional dan provinsi, sedangkan Mejuah-juah adalah makna lokal karo yang mempunyai makna masyarakat Karo yang memiliki keseimbangan dan keselarasan hidup,” ucap Bupati.

“Saya minta semua pimpinan dan aparatur di setiap perangkat daerah serta seluruh pemangku kepentingan di Kabupaten Karo untuk berpikiran terbuka, visioner dan inovatif dengan prinsip kerja kolektif dan kerja kolaboratif,” tegasnya.

Jokowi: Sinkronisasi Pusat-Daerah Kunci Pembangunan

Musrenbangnas yang diinisiasi Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) digelar sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dalam rangka menyusun Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2025.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengungkap pentingnya sinkronisasi dan koordinasi antara pemerintah pusat dan daerah dalam melaksanakan program-program pembangunan.

Hal tersebut dia sampaikan dalam sambutannya Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2024, di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Senin, (6/5/2024).

Jokowi menyebut pemerintah baik pusat maupun daerah masing-masing memiliki rencana kerja pemerintah (RKP). Namun, dia menganggap saat ini sinkronisasi program pusat dan daerah belum optimal.

“Kita telah memiliki rencana pembangunan jangka menengah dan masuk ke tahunan kita masing-masing juga telah memiliki rencana kerja pemerintah atau RKP. Namun, yang belum adalah sinkron atau tidak dengan rencana besar yang kita miliki, ini yang belum. Oleh sebab itu, sinkronisasi itu menjadi kunci,” bebernya. (Redaksi1)

Baca Juga:

  1. Dibuka Presiden Jokowi, Bupati Karo Hadiri Musrenbangnas 2024
  2. Musrenbangnas 2024, Jokowi: Sinkronisasi Pusat-Daerah Kunci Pembangunan
  3. Bupati Karo Hadiri Musrenbang RPJPD 2025 – 2045 Sumut
  4. Buka Musrembang RKPD 2025, Bupati Cory Sebayang Sebut Karo Maju, Berkelanjutan dan Mejuah-juah
  5. Kabupaten Karo Sebagai Tuan Rumah Pra Musrenbang RKPD Sumut Tahun 2025, Bupati Cory Sebayang Apresiasi Pemprovsu

Komentar