Calon Jemaah Haji Kabupaten Karo 40 Persen Lansia Dilepas Bupati Cory Sebayang

Karo770 x Dibaca

Kabanjahe, Karosatuklik.com – Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang bersama dengan Forkopimda Kabupaten Karo melepas keberangkatan calon Jemaah Haji Kabupaten Karo dari Masjid Agung Kabanjahe menuju Asrama Haji Medan, Kamis (25/05/2023).

Turut hadir mendampingi Bupati, Dandim 0205/TK Letkol Inf. Benny Angga Ambar Suoro, Kapolres Tanah Karo, AKBP Ronny Nicolas Sidabutar, SH, SIK, MH, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karo, Dr. H. Mustapid, MA didampingi Penyelenggara Haji dan Umroh Binus Bancin, S.Ag dan sejumlah Kepala OPD Pemkab Karo, tokoh-tokoh masyarakat dan agama.

Bupati Karo bersama Forkopimda dan Kepala Kantor Kemenag wilayah Kabupaten Karo melepas keberangkatan jemaah haji untuk tahap pertama masuk kloter 3 sebanyak 59 orang menuju Asrama Haji Medan. Tahap kedua akan berangkat masuk kloter 13 sejumlah 10 orang pada tanggal 9 juni 2023.

Rombongan jemaah haji tahap pertama yang berasal dari Kabupaten Karo ini akan berangkat pada Jumat (26/5/2023) dari Asrama Haji Medan ke Bandara Internasional Kualanamu menuju Bandara King Abdul Aziz yang ada di Madinah.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Cory Sebayang berpesan kepada seluruh jemaah haji yang diberangkatkan agar tetap menjaga kesehatan pada saat berada di tanah suci dan kembali ke tanah air dengan selamat.

“Saya atas nama Pemerintah Daerah, mengingatkan kembali kepada para calon jemaah haji, bahwa selain menunaikan rukun kelima dari rukun islam, kepergian bapak dan ibu sekalian juga secara tidak langsung membawa nama baik daerah Kabupaten Karo,” kata Bupati.

Bupati Karo juga berharap kepada seluruh jemaah untuk selalu menaati berbagai peraturan yang ada, selalu tertib dan khidmat dalam melaksanakan ibadah sehingga seluruh jemaah haji khususnya yang berasal dari Kabupaten Karo dapat melaksanakan rangkaian pelaksanaan ibadah haji dengan sebaik-baiknya serta dapat kembali ke tanah air dalam keadaan sehat walafiat, harapnya.

Didominasi Lansia

Sementara, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karo Mustapid didampingi Penyelenggara Haji Dan Umroh Binus Bancin, menyampaikan bahwa tema Haji tahun ini adalah Haji ramah lansia, dimana Jemaah Haji Karo yang berangkat 40 persen adalah lansia, 10 orang berumur diatas 60 tahun, ujarnya.

Untuk keberangkatan mendapatkan dua tahap pemberangkatan, jadi tahap pertama kita masuk kloter 3 akan berangkat tanggal 25 Mei 2023 menuju asrama haji Medan kemudian besoknya tanggal 26 Mei 2023 akan diberangkatkan ke Bandara King Abdul Aziz yang ada di Madinah. Secara kebetulan kloter yang bersamaan dengan jamaah Kabupaten Karo adalah dari Kabupaten Asahan.

Tahap kedua akan berangkat masuk kloter 13 sejumlah 10 orang. Mustapid mengharapkan jemaah haji agar menjaga kesehatan, menjaga pola makan, dan melaksanakan ibadah dengan baik, semoga menjadi haji mabrur dan mabrurah.

Seperti diketahui, sebelumnya juga Wakil Bupati Karo Theopilus Ginting hadiri acara Tepung Tawar sekaligus Njunjungken Beras Piher Kepada Calon Jemaah Haji Kabupaten Karo yang digelar di Aula Kantor Bupati Karo, Jalan Letjen Jamin Ginting Kabanjahe, Selasa, (23/05/2023).

Pelepasan secara tradisi budaya menyiratkan satu hal penting bahwa prosesi ibadah haji dapat bersandingan dengan harmonis bersama implementasi nilai moderasi beragama karena mengandung penghargaan terhadap khazanah budaya lokal.

Hal itu terlihat jelas, saat Wakil Bupati Theopilus Ginting menggelar tepung tawar sekaligus “Njunjungken Beras Piher” kepada calon jemaah haji asal Kabupaten Karo. (R1)

Berita Terkait: Pemkab Karo Melepas Jamaah Haji dengan Tradisi Tepung Tawar dan Njujungken Beras Piher

Komentar