oleh

Pemkab Karo Peringati Hari Jadi Kabupaten Karo ke 75 Secara Sederhana, Ziarah ke Makam Pahlawan Kabanjahe

-Karo-191 x Dibaca

Kabanjahe, Karosatuklik.com – Ditengah Pandemi Corona, Hari Jadi Kabupaten Karo ke 75 diperingati secara sederhana.

Sebagai bentuk ungkapan rasa syukur dan tidak melupakan jejak historis sejarah, Zarah ke Makam Pahlawan, Veteran Kabanjahe, Senin (8/3/2021) Pukul 08.10 WIB.

Ziarah ini ditandai dengan upacara dalam memberikan Penghormatan kepada para pejuang yang telah gugur dalam membela bangsa dan negara Indonesia, termasuk para pahlawan pejuang Kabupaten Karo yang dikenal patriotik dan militansi NKRI.

Inspektur dalam upacara tersebut adalah Kapolres Tanah Karo, AKBP Yustinus Setyo, Sik, kemudian dilanjutkan tradisi peletakan karangan bunga di monumen dan tabur bunga bersama rombongan.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Karo , SH, MH, Ketua DPRD Sumut, Drs , Wakil Bupati Jaro Cory Sriwaty Br Sebayang, Ketua , , Dandim 0205/TK Letkol Kav Yuli Eko Hadyanto, Wakil Ketua DPRD Davit Kristian Sitepu, Ketua TP PKK Kabupaten Karo Ny Sariati Terkelin Brahmana dan para OPD dan Camat sert se jajaran Pemkab Karo.

Baca Juga :  HUT ke-73 Provinsi Sumut, Gubernur Edy Rahmayadi Pimpin Ziarah ke Makam Pahlawan Bukit Barisan Medan

Pada perayaan itu, terlihat semua tokoh dan pejabat yang hadir memakai ciri khas budaya Karo, uis Beka Buluh.

Usai tabur bunga, Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, MH mengatakan acara perayaan Hari Jadi Kabupaten Karo ke 75 di Tahun 2021, tidak semarak seperti tahun lalu.

hal ini, lanjut Bupati, karena situasi Covid-19, sehingga Pemkab Karo tidak melibatkan seluruh kekuatan elemen masyarakat.

Pemkab Karo Peringati Hari Jadi Kabupaten Karo ke 75 Secara Sederhana, Ziarah ke Makam Pahlawan Kabanjahe

Hal ini, bertujuan membatasi kegiatan masyarakat dan terlebih memperhatikan penerapan protokol kesehatan agar tidak terjadi kerumunan, ujar Terkelin Brahmana.

“Melalui proses yang sangat panjang, Hari Jadi Kabupaten Karo, kita tahu 8 Maret 1946 – 8 Maret 2021 sudah genap 75 tahun, dan tahun inilah kurang meriah, namun kesederhanaan ini tidak mengurangi makna dan nilai-nilai kesejarahan,” kata dia.

Ditambahkan Wakil Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang, Dirgahayu Kabupaten Karo ke 75, yang hari ini kita peringati dan rayakan secara sederhana menjadi refleksi dan momentum bekerja lebih baik lagi untuk kemajuan Kabupaten Karo di segala sektor yang lebih baik lagi kedepan, pesan Corx.

Baca Juga :  Gubernur Edy Rahmayadi Harap Deklarasi Tolak Narkoba Jadi Pemacu Semua Elemen Berantas Narkoba di Sumut

Berdasarkan catatan Karosatuklik.com, HUT Kabupaten karo resmi ditetapkan pada tanggal 8 Maret 1946.

Hari jadi Kabupaten Karo merupakan runutan dan realita fakta sejarah yang terjadi di Kabupaten Karo 75 tahun yang lalu.

Penetapan tanggal dan bulan hari jadi didasarkan telaah dan pembahasan serta bukti data otentik pada rekam jejak peristiwa sejarah yang penuh romantisme, patriotisme dan heroisme, berpijak pada landasan historis sosiologis kuat secara de facto dan de jure dalam perkembangannya memiliki bukti kenangan yang membanggakan dengan segala dinamikanya.

Pertama kalinya diperingati, yakni 8 Maret 2018, Kabupaten Karo genap berusia 72 tahun, setelah pada tahun 2017 resmi ditetapkan 8 Maret 1946 melalui sidang paripurna DPRD Karo sebagai Hari Jadi Kabupaten Karo setelah melalui seminar dan proses yang sangat panjang.

Dirgahayu Kabupaten Karo ke 75, Me- Juah Juah.. (R1)

Suka dengan tulisan ini? Yuk, Bagikan!

Komentar

Topik Terkait