Pemprovsu Berikan Bantuan Dapur Umum dan Logistik Pangan untuk Korban Banjir di Seimati Medan

Sumut533 x Dibaca

Medan, Karosatukli.com – Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi melalui Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Sumut turunkan personel dan membuka dapur umum untuk membantu penanganan bencana banjir di kawasan Kelurahan Seimati, Kecamatan Medan Maimon, Kota Medan, Selasa (22/11/2022)

Kepala BPBD Sumut Abdul Haris Lubis didampingi Kabid Penanganan Darurat, Peralatan dan Logistik Zulham Efendi Siregar juga menyerahkan bantuan Sembako berupa tiga ton beras, mi instan dan gula yang diterima langsung Kepala BPBD Kota Medan M Husni didampingi Camat Medan Maimon Dedy Nasution.

Abdul Haris Lubis mengatakan, bencana banjir yang tengah menimpa beberapa wilayah di Sumut, khususnya di wilayah Seimati, tengah menjadi perhatian Gubernur, setelah beberapa hari sebelumnya meninjau langsung kondisi masyarakat di daerah tersebut.

“Bantuan ini instruksi langsung Bapak Gubernur. Sebagai bentuk perhatian beliau setelah melihat langsung kejadian banjir di wilayah ini Sabtu (19/11) yang lalu,” ungkapnya.

Menurut Haris Lubis, dapur umum dan penyediaan logistik pangan memang hal yang paling dibutuhkan masyarakat saat ini. Mengingat terbatasnya ruang gerak untuk menyediakan makanan sehari-hari, akibat banjir yang masih menggenangi wilayah tersebut.

Kepala BPBD Kota Medan M Husni mengatakan, bantuan yang diterima masyarakat di Kelurahan Seimati dari BPBD Sumut merupakan bentuk kolaborasi yang baik antara Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota Medan.

Tinjau

Seperti diketahui, sebelumnya juga Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menyatakan menyelesaikan masalah banjir Medan membutuhkan penanganan yang komprenship dan proses waktu yang panjang, karena banyak masalah yang dibenahi.

Hal itu dinyatakan Gubernur Edy Rahmayadi saat melakukan peninjauan banjir di Gang Merdeka, Keluran Seimati, Kecamatan Medan Maimun, Sabtu (19/11/2022).

“Banjir di Medan sudah sering terjadi, apalagi bila turun hujan yang deras dengan durasi waktu yang lama,” ujar Edy Rahmayadi.

Untuk menangani tanggap darurat dan antisipasi banjir susulan, Edy Rahmayadi meminta bantuan Dansat Brimob Polda Sumut untuk mendirikan Posko Siaga dan Dapur Umum di sekitar wilayah Seimati, agar warga tidak ada yang kelaparan. (R1)