Pastikan Arus Mudik Lintas Sumut-Aceh Lancar, Gubernur Edy Tinjau Jembatan Sei Wampu Langkat

Langkat, Sumut658 x Dibaca

Langkat, Karosatuklik.com – Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meninjau langsung Jembatan Sei Wampu, Kabupaten Langkat. Selesainya jembatan ini bakal memperlancar arus mudik dan lalu lintas saat Lebaran.

Jembatan Sei Wampu mulai dibangun tahun 2016 dan akhirnya selesai tahun ini. Sebelumnya, jembatan lama selalu menjadi titik kemacetan panjang di hari-hari biasa, terutama saat hari-hari besar.

Sekarang, jembatan yang menelan biaya sekitar Rp42 miliar tersebut akhirnya bisa digunakan. Per tanggal 17 April 2023 masyarakat sudah bisa memanfaatkan jembatan yang menghubungkan jalan lintas Sumatera (Jalinsum) Medan-Aceh ini.

“Ini akan memudahkan semua orang melintasi jalan ini, mudah-mudahan jadi tidak macet lagi,” kata Edy Rahmayadi, usai pelepasan kendaraan di jembatan Sei Wampu, Senin (17/4/2023).

Edy Rahmayadi berpesan agar jembatan ini dijaga dan dirawat masyarakat. Salah satu yang membuat jembatan ini sulit dibangun, menurut Edy Rahmayadi adalah kasus pencurian material bangunannya.

Panjang Jembatan 182 Meter dengan Art Bridge 140 Meter (Lengkungan)

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Brawijaya mengatakan, jembatan Sei Wampu lanjutan merupakan jembatan lengkung terpanjang di Sumatera. Panjang jembatan ini 182 meter dengan art bridge 140 meter (lengkungan).

“Ini akan meningkatkan aksesibilitas kedua Provinsi (Sumut-Aceh), sebelumnya titik ini sangat macet,” kata Brawijaya.

Brawijaya juga menjelaskan jembatan Sei Wampu lanjutan difungsionalkan untuk lalu lintas selama mudik, Lebaran dan arus balik. Kemudian akan kembali dibenahi untuk kelengkapan jembatan Sei Wampu.

“Sekarang kita fungsionalkan untuk mengurai kemacetan selama Idulfitri, kemudian kita tutup lagi satu minggu untuk mempercantiknya, memuluskan seperti lampu, aspal yang lebih mulus dan lainnya,” kata Brawijaya.

Kapolda Sumut, Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak mengatakan, pihaknya akan terus mengamankan jembatan Sei Wampu. Sampai saat ini Polda telah menangkap tiga orang tersangka pencurian besi dan material pembangunan jembatan Sei Wampu.

“Kita harus jaga ini sama-sama, karena jembatan ini sangat penting untuk masyarakat,” kata Panca Putra Simanjuntak.

Hadir pada acara pelepasan kendaraan di Jembatan Sei Wampu Kasdan I/BB Brigjen TNI Rifky Nawawi dan Plt Bupati Langkat Syah Afandin. Hadir juga OPD terkait Pemprov Sumut, tokoh agama dan tokoh masyarakat. (R1)

Berita Terkait:

  1. Pembangunan Jembatan Sei Wampu Sudah Rampung, Jadi Jalur Penghubung Sumut-Aceh
  2. Antisipasi Lonjakan Lalin Idul Fitri: Jalan Tol Kwala Bingai Dioperasikan 15 – 30 April, Syah Afandin Berterimakasih

Komentar