Puluhan Wartawan di Kabanjahe Nyalakan Lilin di Lokasi Kebakaran Rumah Sempurna Pasaribu

Karo2352 x Dibaca

Kabanjahe, Karosatuklik.com – Puluhan wartawan dari berbagai media cetak, online dan televisi maupun masyarakat sekitar menggelar aksi menyalakan lilin di lokasi kebakaran rumah wartawan Tribrata.tv, Sempurna Pasaribu, Rabu malam (3/7/2024) Pukul 20.00 WIB.

Seperti diketahui peristiwa kebakaran yang menewaskan sebanyak 4 orang sekeluarga pada Kamis (27/6/2024) dini hari atau pukul 3.40 WIB Selain menyalakan lilin, para insan pers itu juga melakukan doa bersama dan mengheningkan cipta.

Masih pada kesempatan itu, para wartawan ini berharap kepolisian untuk mengusut tuntas penyebab terjadinya kebakaran yang menewaskan Sempurna Pasaribu, istri, anak dan cucunya, pada Kamis, 27 Juni 2024 dini hari.

Pasalnya, menurut wartawan dan masyarakat, peristiwa tragis tersebut sedikit janggal. Kita minta kepolisian untuk mengungkap hingga tuntas segala kemungkinan penyebab terjadinya kebakaran rumah sekaligus warung kelontong yang dihuni rekan wartawan Tribrata.tv, Sempurna Pasaribu (47),” kata seorang wartawan peserta aksi.

Para wartawan pun berharap kejadian serupa tidak terulang lagi ke depan.

Dewan Pers Minta Tim Investigasi Bersama Usut Kebakaran Rumah Wartawan di Kabanjahe

Sebelumnya juga dikabarkan, Dewan Pers meminta pembentukan tim investigasi bersama untuk mengusut kebakaran rumah wartawan Tribrata TV Sempurna Pasaribu di Jalan Nabung Surbakti, Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Kamis (27/6/2024).

“Atas kejadian tersebut, Dewan Pers meminta Kapolri bersama Kapolda Sumatera Utara membentuk tim penyelidikan yang bersikap adil dan imparsial dalam mengusut kasus ini,” kata anggota Dewan Pers Totok Suryanto saat konferensi pers di Kantor Dewan Pers, Jakarta, Selasa (2/7/2024).

Selain itu, Dewan Pers juga akan membentuk tim investigasi bersama yang melibatkan aparat dan unsur jurnalis atau Komisi Keselamatan Jurnalis (KKJ).

Terjunkan Tim ke Lokasi, Kompolnas Beri Perhatian Khusus atas Kematian Wartawan Sekeluarga di Karo

Komisi Kepolisian Nasional Republik Indonesia (Kompolnas RI) memberikan perhatian khusus terhadap kematian wartawan Rico Sempurna Pasaribu dalam peristiwa kebakaran rumahnya di Jalan Nabung Surbakti, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

“Kami datang ke sini (Karo) untuk memberikan perhatian lebih, karena media teman kita juga dalam bekerja,” ujar Ketua Harian Kompolnas Irjen (Pur) Benny J Mamoto di Karo, Rabu (3/7/2024).

Benny mengatakan dalam kedatangan Kompolnas ini untuk melihat secara langsung di lokasi, mendengar informasi dan masukan dari masyarakat.

Kemudian, menurut Benny, pihaknya juga melihat tugas kepolisian dalam penyelidikan dan penyidikan terhadap kasus yang menewaskan seorang wartawan.

“Kami turun untuk pengamanan apakah sudah SOP (standar operasional prosedur), tahapan sudah dilalui maksimal atau belum,” ucap dia.

Saat ini, Benny mengatakan pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan dan tim laboratorium forensik sedang bekerja. Kemudian, menurutnya dari laporan itu bisa dilakukan untuk analisis.

Dia pun juga berharap adanya informasi dari dan masukan terkait kasus ini, karena pihak kepolisian sudah mendirikan posko pengaduan.

“Nantinya, informasi itu dapat diproses maupun pembuktian,” tuturnya.

Sebelumnya, Polda Sumatera Utara memeriksa 16 orang saksi terkait kasus kematian wartawan Rico Sempurna Pasaribu dalam peristiwa kebakaran rumah di Jalan Nabung Surbakti, Kabupaten Karo, Sumut, Kamis (27/6).

Mereka sudah dimintai keterangan, baik dari keluarga maupun orang yang melihat kebakaran,” kata Kepala Bidang Humas Polda Sumatera Utara Komisaris Besar Polisi Hadi Wahyudi.

Hadi mengatakan bahwa penyelidikan dan penyidikan kasus tersebut masih terus berjalan terkait penyebab kebakaran tersebut.

Kebakaran itu menelan korban jiwa yakni Sempurna Pasaribu, Efrida Boru Ginting (istri), Sudiinveseti Pasaribu (anak), dan Lowi Situngkir (cucu). (R1/Ant)

Komentar