Semen Padang Menyegel Tiket Promosi ke Liga 1, Usai Bungkam Malut United

Sepakbola, Sport4116 x Dibaca

Padang, Karosatuklik.com – Semen Padang FC berhasil menyegel satu tiket untuk promosi ke Liga 1 2024-2025. Kabau Sirah (julukan Semen Padang) lolos usai mengalahkan Malut United 1-0 di leg kedua semifinal Liga 2 2023-2024.

Semen Padang menjamu Malut United pada leg kedua di Stadion Haji Agus Salim, Padang, Kamis (29/2/2024) sore WIB. Dukungan sekitar 12.000 penonton di tribune turut menguatkan mental dan semangat para pemain Kabau Sirah.

Terus menggempur lini pertahanan tim tamu, Semen Padang akhirnya mencetak gol pada menit ke-22. Berawal dari tendangan bebas, umpan Rosad Setiawan disambar oleh tandukan Ahmad Ihwan ke dalam gawang yang dijaga Aldhila Ray Redondo.

Unggul satu gol membuat pemain Semen Padang berada di atas angin. Pola serangan skuad Kabau Sirah pun semakin dinamis dan beberapa peluang hadir dari tusukan sisi kiri kreasi Ocvian Chanigio.

Meski begitu, Malut United mampu bermain agresif untuk menyamakan kedudukan. Sayangnya, tidak ada gol tambahan tercipta untuk kedua tim hingga wasit meniup peluit panjang tanda babak pertama selesai.

Berlanjut pada babak kedua, Malut United langsung tancap gas menyerang pertahanan Semen Padang. Mereka bermain cepat serta melepaskan banyak tembakan spekulatif untuk mengejar ketertinggalan.

Malut United mencoba memaksimalkan peluang dari skema bola mati pada menit ke-70. Tendangan bebas langsung dari Frets Butuan mengarah tepat ke gawang Semen Padang namun bisa dikuasai oleh Fakhrurrazi.

Pada akhirnya, Semen Padang berhasil mempertahankan keunggulan 1-0 hingga babak kedua selesai. Kemenangan ini membuat Semen Padang menembus final Liga 2 sekaligus lolos ke kompetisi Liga 1 musim depan.

Semen Padang lolos ke Liga 1 2024-2025 dengan agregat 2-1 di semifinal. Ini pertama kalinya Semen Padang kembali ke Liga 1 setelah degradasi pada 2019 lalu.

Selain Semen Padang, tim Liga 2 lain yang dipastikan lolos adalah PSBS Biak setelah menang 4-0 atas Persiraja Banda Aceh. PSBS Biak melaju ke kasta tertinggi Liga Indonesia dengan agregat 5-1 di semifinal atas Persiraja.

Selanjutnya, Semen Padang akan melawan PSBS Biak dalam final Liga 2 2023-2024. Pertandingan itu akan menentukan juara Liga 2 musim ini.

Sedangkan Malut United dan Persiraja juga akan bertarung untuk memperebutkan posisi ketiga. Pemenang dari pertandingan ini juga berhak mendapatkan satu tiket promosi ke Liga 1 2024-2025.

Susunan Pemain:

Semen Padang: Fakrurrazi (GK), Wiganda Pradika, Agus Nova Wiantara, Kim Mingyu, Syaiful Ramadhan, Risna Prahalabenta, Rosad Setiawan, Ocvian Chanigio, Firman Juliansyah, Daniel Saputra, Ahmad Ihwan.

Pelatih: Delfiadri

Malut United: Aldhila Ray Redondo (GK), Bagus Nirwanto, Rio Saputro, Jeong Homin, Aditya Putra, Finky Pasamba, Pramoedya Putra, Alwi Slamat, Hari Nur Yulianto, Frets Butuan, Wilkson.

Pelatih: Imran Nahumarury. (KBRN)

Komentar