Sinergitas dan Netralitas TNI-Polri, Kunci Suksesnya Pemilu 2024 di Kabupaten Karo

Karo2392 x Dibaca

Berastagi, Karosatuklik.com – Suksesnya rangkaian Pemilu 2024 di Kabupaten Karo, hingga selesainya Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Perolehan Suara Peserta Pemilu 2024 di Kabupaten Karo, Kamis (29/2/2024) dini hari, berlangsung aman, sejuk dan damai.

Suksesnya penyelenggaran pemilu 2024 tidak terlepas dari keterlibatan seluruh pihak dan masyarakat, khususnya pengemban fungsi keamanan yakni TNI Polri.

Atas suksesnya penyelenggaran pemilu tersebut, Kapolres Tanah Karo AKBP Wahyudi Rahmam, SH, SIK, MM, CPHR, CBA, bersama Kabag Ops Kompol A. Abdilah, SH, melaksanakan kunjungan ke Makodim 0205 TK, Kamis (29/02/2024) siang Pukul 14.00 WIB.

Kapolres mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi atas kerja sama dan sinergitas dengan TNI dari Kodim 0205 TK, dalam setiap pelaksanaan tugas mengawal program-program pemerintah, khususnya pengamanan dan pengawalan pemilu 2024 yang baru saja berlangsung, telah terlaksana dengan aman dan kondusif.

Ditambahkannya, pihaknya selaku pengemban fungsi harkamtibmas tidak mampu sendirian dalam mengawal jalannya pemilu 2024 hingga berlangsung aman dan kondusif sampai saat ini, tanpa adanya dukungan dari stakeholder lainnya, khususnya rekan dari TNI Kodim 0205 TK.

“Oleh karenanya, kami sangat mengapresiasi atas terjalinnya sinergitas yang kuat dengan TNI khususnya Kodim 0205 TK, yang dari awal mengawal jalannya pemilu 2024 di Kabupaten Karo. Hingga sampai selesai sidang pleno tingkat kabupaten pagi tadi, secara umum situasi masih aman dan kondusif,” kata Kapolres AKBP Wahyudi.

Menyambut kunjungan Kapolres Tanah Karo tersebut, Dandim 0205 TK Letkol Ahmad Afriyan Rangkuti yang diwakili Kasdim Mayor CBA Jony Siboro, juga mengucapkan terimakasih atas kunjungan Kapolres tersebut.

Dirinya mengatakan, jajaran TNI khususnya Kodim 0205 TK, akan terus mengawal setiap program pemerintah, terkhususnya juga bersinergi dengan Polri dalam memberikan keamananan dan pengawalan Pemilu termasuk juga nanti Pilkada Kabupaten Karo 2024.

“Kami jajaran Kodim 0205 TK, juga mengapresiasi Polres Tanah Karo yang terus berkomitmen dalam menjalin sinergitas dengan TNI khususnya dalam mewujudkan harkamtibmas,” kata Kasdim Mayor CBA Jony Siboro.

Kunjungan silaturahmi yang dilaksanakan Kapolres Tanah Karo ini, merupakan bentuk upaya peningkatan sinergitas TNI Polri dalam melaksanakan tugas negara, termasuk memgawal jalannya program program pemerintah agar dapat berjalan dengan aman dan baik.

Kapolres berharap jalinan sinergitas antar TNI Polri khususnya Kodim 0205/TK dengan Polres Tanah Karo dapat terus terjalin dengan baik, sehingga pemeliharaan kemananan dan ketertiban masyarakat di Kabupaten Karo dapat lebih optimal diwujudkan.

Pada kegiatan kunjungan ini turut dihadiri Kabag Ops Kompol A. Abdilah, SH dan Personel dari Sub Den Pom I/2-2 Berastagi.

Amatan Redaksi Karosatuklik.com di lapangan, selama pelaksanaan pesta demokrasi Pemilu 2024 di Kabupaten Karo, kunci suksesnya Pemilu di wilayah Kabupaten Karo yang memiliki jejak rekam setiap even pemilu selalu berlangsung panas dan dibumbui demo-demo aksi massa, namun kali ini berlangsung aman, sejuk dan damai, karena sinergitas, dan netralitas Polres Tanah Karo dan TNI dari Kodim 0205/TK.

Dua aspek penting ini yang betul-betul dipegang kuat dan dijalankan oleh aparat Polri dan TNI di Kabupaten Karo. Tentunya, hal ini patut diapresiasi,
karena kesuksesan gelaran Pemilu 2024 bukan hal mudah dan tak semudah membalik telapak tangan tanpa hadirnya dua hal penting itu, ya, sinergitas, dan netralitas. (Redaksi1)

Komentar