oleh

Terkelin Brahmana : Pemulihan Ekonomi Dampak Covid-19 dan Bencana Sinabung Isu Strategis Penyusunan RPJMD

-Berita, Karo-133 x Dibaca

Kabanjahe, Karosatuklik.com – Bupati Karo , SH, MH menekankan pemulihan ekonomi masyarakat akibat pandemik Covid-19 perlu menjadi perhatian serius dalam rancangan RPJMD Tahun 2022-2026.

Pandemi Covid-19 berdampak kepada semua sektor. Untuk itu, Selama pandemi Covid-19 belum berakhir, kita akan fokus pada penguatan fasilitas kesehatan, memberikan bantuan sosial masyarakat dan program pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19.

Penekanan itu disampaikan Bupati Karo Terkelin Brahmana kepada pimpinan OPD dan ASN jajaran saat pembahasan dan finalisasi rancangan teknokratik RPJMD Kabupaten Karo Tahun 2022-2026, Kamis (26/11/2020) di aula lantai tiga Kantor Bupati, Jalan Letjen Jamin Ginting Kabanjahe.

“Beberapa isu strategis pun harus menjadi pertimbangan dalam penyusunan RPJMD dalam lima tahun kedepan, salah satunya pemulihan ekonomi di masyarakat akibat pandemik COVID-19, maupun bencana erupsi Sinabung yang juga belum diketahui sampai kapan berakhir,” imbuh bupati.

Bupati Karo menjelaskan, rancangan Teknokratik yang berisi data-data yang menggambarkan kondisi daerah, gambaran keuangan daerah, serta permasalahan dan isu strategis daerah, menjadi bahan pelengkap dalam meramu visi-misi, tujuan, sasaran dan program-program yang akan dijalankan kedepan, kata Terkelin Brahmana.

Baca Juga :  Harga Sayur-Mayur Kabupaten Karo 11 Januari 2021

Pemulihan Ekonomi Dampak Covid-19 dan Bencana Sinabung

Disamping itu Terkelin Brahamana juga mengingatkan kedepan tantangan baru akan muncul tidak seperti biasa, ada perkembangan teknologi informasi. “Salah satu contoh penerapan teknologi informasi dalam perencanaan yang telah diamanatkan melalui aplikasi sistem informasi pemerintahan Daerah (SIPD) yang dirancang perencanaan lebih terbuka, sistematis dan tepat waktu,” sebutnya.

Berikut 5 poin penting arahan dan penegasan Bupati Karo :

  1. Perencanaan yang baik adalah perencanaan yang didukung oleh data yang valid sehingga kepada semua perangkat daerah agar menguasai data dan melihat trend perkembangan minimal 5 tahun terakhir, guna mengetahui permasalahan dengan tepat.
  2. Lakukan evaluasi menyeluruh dan komprehensif terhadap RPJMD Kabupaten Karo tahun 2016-2021 yang kita jalani bersama, cermati capaiannya dan ketahui hambatannya yang dialami selama ini.
  3. Lakukan analisis kemampuan keuangan secara cermat, optimis tapi tetap realistis, untuk menentukan sasaran RPJMD berikutnya.
  4. Cermati dan identifikasi permasalahan Kabupaten Karo yaitu kesenjangan antara kinerja pembangunan yang dicapai saat ini dengan direncanakan dan kesenjangan yang akan dicapai masa mendatang.
  5. Cermati dan identifikasi isu strategis yang berkembang saat ini yaitu kondisi atau hal yang harus diperhatikan atau di kedepankan karateristik bersifat penting mendasar, mendesak, berjangka menengah/panjang.
Baca Juga :  Belum Sampai 2 Minggu Siap Dikerjakan, Pembangunan Saluran Air Pasar Tigapanah Sudah Rusak

Turut hadir dan memberikan pemaparan, Bina Pembangunan Daerah Kemendagri RI Drs. Bob Ronald F. Sagala. Kepala Bapeda Propinsi Sumut Pahala Panjaitan ST MT, Kepala Bappeda Karo Nasib Sianturi dan pimpinan OPD serta ASN di lingkup Pemkab Karo. (R1)

Suka dengan tulisan ini? Yuk, Bagikan!

Komentar

Berita Terbaru