Timnas Piala Dunia Indonesia U-17 Kalah Lagi dari Tim Bundesliga Jerman, Bima Sakti Beri Pembelaan

Sepakbola, Sport236 x Dibaca

Jerman, Karosatuklik.com – Timnas U-17 Indonesia menelan kekalahan telak pada laga uji coba kontra tim Bundesliga di Jerman, Sabtu (14/10/2023).

Timnas U-17 Indonesia menjalani uji coba kelima dalam agenda pemusatan latihan di Jerman. Uji coba pertama timnas U-17 Indonesia kalah tipis 0-1 dari TSV Meerbusch pada 27 September 2023.

Lima hari berselang, skuad Garuda asia mampu menang tipis 1-0 atas SC Padeborn Youth yang diisi oleh pemain U-19 dan U-17. Pertandingan ketiga Indonesia kembali meraih kemenangan 2-1 atas VFL Osnabruerck pada 5 Oktober 2023.

Pada uji coba keempat, tim racikan Bima Sakti kalah telak 0-3 dari Eintracht Frankfurt U-19 pada Minggu (8/10/2023). Skuat Garuda Muda kembali menelan kekalahan 0-3 pada uji coba kelima lawan Mainz U-19 pada Sabtu (14/10/2023).

Kali ini Ji Da Bin dkk mendapat lawan yang memiliki postur lebih tinggi. Dua gol pembuka Mainz tercipta lewat situasi bola mati. Gol pertama melalui tendangan bebas pada menit ke-27. Gol kedua sundulan usai memanfaatkan tendangan penjuru pada menit ke-36.

Indonesia kembali kebobolan pada babak kedua, tepatnya pada menit ke-47.

Perubahan sempat dilakukan Bima Sakti dengan memasukkan banyak pemain di babak kedua. Sayangnya, beberapa peluang timnas U-17 tak bisa berbuah gol ke gawang Mainz. Mainz sendiri bukanlah tim yang lemah di Jerman.

Tim utama Mainz saat ini merumput di kasta tertinggi Liga Jerman, Bundesliga. Tahun ini pula, skuad U-19 Mainz memuncaki klasemen Bundesliga U-19 untuk wilayah south/southwest.

Skuad U-19 Mainz mengungguli Stuttgart, Eintracht Frankfurt, hingga Bayern Muenchen. Hasil ini menjadi pelajaran berharga bagi timnas U-17 Indonesia.

“Kemajuan (pemain) sangat signifikan. Memang tidak bisa langsung (bagus) seperti membalikkan telapak tangan,” kata Bima Sakti. “Kita perlu latihan, uji coba latihan, ujicoba, dan kita ada waktu untuk persiapan lagi ke fase uji cona lagi,” ujarnya menambahkan.

Masih ada waktu satu pekan lagi bagi timnas U-17 Indonesia sebelum kembali ke Tanah Air. Seperti diketahui, timnas U-17 Indonesia akan bertanding di Piala Dunia U-17 2023.

Indonesia yang bertindak sebagai tuan rumah tergabung di Grup A bersama Ekuador, Panama, dan Maroko. Pada laga pertama, timnas U-17 akan menghadapi Ekuador di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, pada 10 November 2023. (BolaSport.com)

Komentar