TKN Prabowo-Gibran Targetkan Raih 22 Juta Suara Pemilih Muda

Catatan Redaksi2554 x Dibaca

Jakarta, Karosatuklik.com – Komandan Pemilih Muda Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Arief Rosyid Hasan, menargetkan 22 juta suara anak muda di Pilpres 2024.

Menurut dia, ada 56 persen pemilih muda dari Gen Z dan milenial dari data Komisi Pemilihan Umum (KPU).

KPU sendiri telah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024 sebanyak 204.807.222 pemilih.

“Berdasarkan DPT tersebut, 56 persen suara pemuda ekuivalen dengan kurang lebih 114 juta adalah suara pemuda. Dari angka ini, TKN Fanta menargetkan 20 persen atau sekitar 22 juta suara pemuda untuk mendukung satu putaran Prabowo-Gibran,” kata Arief dalam keterangannya, Jumat (17/11/2023).

Dia menyebut, bonus demografi tidak boleh jadi sekada retorika. Akan tetapi, pemuda mesti menjadi game changer untuk mendukung keberlanjutan dan penyempurnaan pembangunan.

“Dengan demikian, tepat bila kita katakan bahwa anak muda adalah game changer dalam pemilu yang sudah kurang dari 100 hari lagi. Kita harus merangkul anak muda untuk ikut berkolaborasi demi keberlanjutan dan penyempurnaan yang telah diletakkan oleh Presiden Jokowi dan jajaran,” ucap Arief.

Dia menuturkan, Perpres No. 43/2022 tentang Koordinasi Strategis Lintas Sektor Penyelenggaraan Pelayanan Kepemudaan adalah satu dari banyak komitmen Presiden Jokowi untuk pemuda.

“Hari ini bisa kita lihat, Pak Prabowo satu-satunya capres yang memberikan ruang seluas-luasnya bagi pemuda untuk membersamai perjuangan Beliau. Kita tak boleh menyia-nyiakan peluang ini dengan berbagai inovasi kreatif dan positif untuk anak muda,” jelas Arief.

“Bersama Prabowo-Gibran, Insyaallah pemuda akan terus duduk bersama sebagai subyek pembangunan, sebagai game changer dalam menyongsong Indonesia Emas 2045,” tutup Arief.

Pendukung Gibran Kuatkan Basis Suara di Jakarta

Pendukung calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka yang tergabung dalam Relawan Mas Gibran, memperkuat basis suara, khususnya di Jakarta.

Adapun, mereka membantu warga di Jakarta Pusat dengan menggelar kegiatan pembagian sembako.

Salah satu Anggota Relawan Mas Gibran, Nurul mengatakan, pembagian sembako berjalan lancar di Cempaka Putih Barat. Warga pun menyambut dengan baik.

“Kegiatan ini berjalan lancar berkat koordinasi yang baik antara relawan dan warga,” jelas dia dalam keterangannya, Rabu (15/11/2023).

Warga pun menyambut baik dengan bantuan tersebut.

“Kami merasa terbantu dan tersentuh dengan kebaikan Mas Gibran. Semoga kegiatan ini bisa menjadi contoh bagi yang lainnya,” kata Rahayu.

Survei Indikator: Pilihan Gen Z, Prabowo-Gibran Raih 52,4 Persen Suara

Lembaga survei Indikator mengeluarkan rilis terkait pasangan bakal capres dan cawapres Pemilu 2024. Dalam rilis terbarunya, pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul dari pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md, dan Anies Rasyid Baswedan-Muhaimin Iskandar.

Kemenangan Prabowo-Gibran dari dua pasangan lainnya berdasarkan basis usia atau generasi.

“Prabowo menguat pada kelompok muda, terutama Gen Z,” demikian keterangan tertulis dari Indikator Politik Indonesia, Minggu (12/11/2023).

Dalam rilis tersebut, Prabowo-Gibran memperoleh 52,4 persen, Ganjar-Mahfud 27,9 persen, dan Anies-Muhaimin sebesar 17,3 persen.

Selanjutnya dalam kolom generasi milineal, Prabowo-Gibran juga terlihat masih unggul yakni 40,0 persen. Kemudian, Ganjar-Mahfud dan Anies-Muhaimin sama-sama memperoleh 27,0 persen.

Berikutnya, untuk Gen X (usia 43-58 tahun) Ganjar-Mahfud lebih unggul dari dua pasangan Bacapres-Bacawapres lainnya. Terlihat, mereka mendapatkan 32,6 persen, sedangkan untk Prabowo-Gibran 32,0 persen dan Anies-Muhaimin 27,8 persen.

Lalu, untuk boomer pasangan Ganjar-Mahfud juga terlihat unggul yakni 37,2 persen dan Prabowo-Gibran 31,7 persen dan Anies-Muhaimin 22,9 persen. (Reporter: Genantan Saputra/Merdeka.com)

Komentar