Anies-Cak Imin Siap Hadiri Uji Publik Capres-Cawapres PP Muhammadiyah

Politik1351 x Dibaca

Jakarta, Karosatuklik.com – Co-Kapten Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Capres dan Cawapres Koalisi Perubahan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN), Sudirman Said, memastikan pasangan AMIN bakal menghadiri uji publik capres-cawapres yang digelar Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Terlebih, kata Sudirman, Muhammadiyah merupakan salah satu organisasi masyarakat (ormas) terbesar. Sudirman meyakini Muhammadiyah juga turut mendukung agenda perubahan yang diusung AMIN.

“Anggota (PP Muhammadiyah) banyak, kelas menengah, anggota terdidik. Dan kami optimis sebagian besar warga Muhammadiyah itu akan bersama agenda perubahan. Maka, tentu saja kami akan menghadiri undangan itu,” kata Sudirman dalam konferensi pers di Rumah Perubahan, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (16/11/2023).

Selain itu, lanjut Sudirman, Anies Baswedan selama ini selalu hadir dalam setiap agenda dan diskusi publik. Pasalnya, menurut Sudirman, politik sendiri berbicara soal publik, berbicara soal kemaslahatan bagi masyarakat. Sehingga, diskusi di depan publik merupakan bagian dari politik.

“Politik itu mengurus publik, karena itu yang dipikirkan, direncanakan, dan disampaikan pada publik. Kesempatan yang diberikan Muhammadiyah kita apresiasi dan insyaallah kita akan hadir tanggal 22 di Solo,” kata Sudirman.

Diketahui, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah mengundang tiga pasangan capres dan cawapres 2024 untuk dialog publik dengan pimpinan, warga, simpatisan Muhammadiyah dan masyarakat.

Sekretaris PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti dikutip dari akun Facebook-nya, Kamis (9/11/2023), menyatakan, dialog capres-cawapres akan dilakukan di tiga tempat berbeda dengan waktu yang berbeda untuk masing-masing pasangan capres-cawapres.

Jadwal Dialog: Prabowo-Gibran 21 November, Anies-Muhaimin 22 November, dan Ganjar-Mahfud 23 November

Dialog publik pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dijadwalkan akan dilakukan pada Selasa, 21 November 2023 pukul 09.00-11.00 di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Selanjutnya, dialog publik pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar akan dilakukan Rabu, 22 November 2023, pukul 09.00-11.00 di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

Terakhir, dialog publik capres-cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud Md akan dilakukan pada Kamis, 23 November 2023 pukul 09.00-11.00 di Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ).

Cak Imin Ajak Rakyat Kawal Pilpres 2024: Kalau Ada yang Curang, Laporkan

Calon wakil presiden (cawapres) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengajak seluruh rakyat untuk mengawal kontestasi pemilihan presiden (pilpres) 2024 agar berjalan jujur dan adil.

Cak Imin pun mengibaratkan pilpres 2024 ini layaknya pertandingan sepak bola yang harus berjalan sportif.

“Kepada seluruh masyarakat, rakyat, bangsa Indonesia, lihatlah pemilu ini ibarat seperti kompetisi pertandingan sepak bola. Kita ingin menyaksikan tim masing-masing capres dan cawapres bermain secara sportif dan bermain secara terbuka,” ujar Cak Imin di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jakarta Pusat, Selasa (14/11/2023).

Cak Imin menyatakan, rakyat Indonesia harus menikmati pemilu 2024 dengan riang gembira, bersifat kebersamaan, serta kekeluargaan dalam berkompetisi.

“Tetap berkeluarga dan bersaudara, amin. Kita semua yakin kalau kita melihat pemilu seperti sepak bola, maka rakyat punya kesempatan untuk menyaksikan dengan bahagia,” kata Cak Imin.

“Kalau ada pemain yang bersifat curang tolong diteriaki supaya tidak curang,” tegas Cak Imin.

Cak Imin juga mengajak rakyat untuk melaporkan jika kecurangan atau penyelenggara dan peserta yang berbuat curang.

“Kalau ada wasit merangkap pemain, kita foto dan kita sebarluaskan. Kalau ada wasit yang curang kita laporkan kepada FIFA sebagai lembaga tertinggi. Kalau ada pemain yang nakal dan nekling lawan, foto dan viralkan ke seluruh penjuru. Itulah pemilu yang saling menjaga,” ujar Cak Imin.

Pemilu 2024, menurutnya, adalah pertaruhan bagi bangsa Indonesia. Jika dapat berjalan baik, legitimate hingga objektif, maka bangsa akan tetap bersatu, kuat, dan berhasil membangun.

“Kalau pemilu ini berjalan dengan jujur, adil, insyaallah pembangunan akan lancar selancar-lancarnya. Ke Mamuju jangan lupa pakai sepatu, kalau ingin maju pilihlah nomor satu,” ucap Cak Imin.

Megawati Lihat Kecurangan Pemilu 2024 Mulai Terjadi

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri meminta seluruh masyarakat ikut mengawal jalannya pemilu 2024 mendatang. Megawati memberi sinyal akan adanya kecurangan dalam pemilu 2024 mendatang.

“Jangan biarkan kecurangan pemilu 2024 yang akhir ini terlihat sudah mulai akan terjadi lagi. Gunakan hak pilihmu dengan tuntunan nurani,” ujar Megawati dalam pidatonya yang disiarkan di Youtube, Minggu (12/11/2023).

“Rakyat jangan diintimidasi seperti dulu lagi,” ujar Megawati Soekarnoputri menambahkan.

Awalnya Megawati dalam pidatonya menyinggung soal keputusan Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) yang tetap berdiri kokoh meski menghadapi rekayasa hukum konstitusi.

“Jangan lupa, kita adalah bangsa pejuang. Kita bangsa yang mampu mengatasi berbagai cobaan sejarah. Karena itulah dalam situasi seperti ini, mari kita kawal pemilu 2024 dengan nurani dan sepenuh hati,” kata Megawati.

Megawati kemudian mengajak seluruh masyarakat untuk turut serta dalam menentukan calon pemimpin Republik Indonesia periode 2024-2029.

“Kita jadikan pemilu 2024 sebagai momentum untuk mendapatkan pemimpin terbaik yang benar-benar mewakili seluruh kehendak rakyat Indonesia, mengayomi, agar Indonesia menjadi bangsa hebat, unggul, dan berdiri di atas kaki sendiri,” kata Megawati.

Tak hanya itu, Megawati juga menyarankan kepada seluruh elemen bangsa untuk berani menyuarakan kebenaran. Menurut dia, sudah menjadi kewajiban bagi seluruh warga negara untuk bersuara agar tidak terjadi kesewenang-wenangan.

“Karena itulah terus genggam erat semangat reformasi itu! Jangan lupa, terus kawal demokrasi berdasarkan nurani! Jangan takut untuk bersuara, jangan takut untuk berpendapat, selama segala sesuatunya tetap berakar pada kehendak hati rakyat,” kata dia.

Prabowo Yakin KPU Bisa Gelar Pemilu dengan Jujur dan Adil Tanpa Kecurangan

Calon presiden nomor urut dua Prabowo Subianto yakin bahwa Komisi Pemilihan Umum (KPU) dapat menyelenggarakan pemilu 2024 dengan jujur dan adil. Hal itu ia ucapkan usai melakukan pengundian dan penetapan nomor urut pasangan capres dan cawapres di Gedung KPU, Jakarta Pusat, Selasa (14/11/2023).

“Kami yakin KPU akan melaksanakan pemilu dengan sebaik-baiknya, dengan sejujur-jujurnya, dengan seadil-adilnya, tanpa kecurangan apa pun,” kata Prabowo Subianto.

Menurut Prabowo, pemilu yang curang berarti mengkhianati bangsa Indonesia itu sendiri. Padahal, Indonesia merupakan negara demokrasi yang cukup besar di dunia.

“Kalau pelaksanaan pemilu curang, mengkhianati bangsa dan negara Indonesia,” kata Prabowo.

Lebih lanjut, Prabowo pun menegaskan untuk menjaga situasi pemilu 2024 agar tetap damai guna menjaga persatuan bangsa.

“Jadi kawan-kawan, siapa pun yang menang kita harus bersatu menjaga negeri ini,” tambah Prabowo. (Liputan6.com)

Komentar