Tol Balikpapan-IKN Bakal Pakai Teknologi Canggih dari Finlandia

Nasional2146 x Dibaca

Bali, Karosatuklik.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, menghadiri pertemuan bilateral dengan Menteri Kerja Sama Pembangunan dan Perdagangan Luar Negeri Finlandia Ville Tavio. Pertemuan keduanya berlangsung di sela World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali pada Rabu (22/5/2024).

Pertemuan ini merupakan diskusi lanjutan yang membahas potensi kerja sama dengan Finlandia terkait pembangunan smart city di Ibu Kota Nusantara (IKN). Salah satu teknologi yang akan diimplementasikan adalah smart intelligent sign untuk jalan tol Balikpapan-IKN.

“Kita akan melakukan pilot project untuk sistem jalan tol ini di Tol Balikpapan-IKN. Kalau setelah itu hasilnya bagus kita bisa tingkatkan implementasinya,” kata Basuki dalam keterangan tertulis, Kamis (23/5/2024).

Berdasarkan keterangan resmi dari Kementerian PUPR, Intelligent Toll Road System di Indonesia menjadi sebuah inovasi baru yang muncul dalam melaksanakan manajemen lalu lintas jalan tol yang semakin kompleks dan kebutuhan untuk mengelola miliaran transaksi serta tantangan untuk menekan/mengurangi fatalitas dari korban meninggal dalam kejadian kecelakaan kendaraan dengan bantuan teknologi. Oleh karena itu, pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan kinerja operasi jalan tol menjadi kebutuhan.

Pemanfaatan teknologi itu demi mewujudkan visi IKN sebagai smart forest city. Kementerian PUPR sendiri telah merencanakan pengimplementasian smart system di IKN dan mempertimbangkan advis smart building system dari Finlandia.

“Terima kasih atas dukungan Finlandia terhadap pembangunan smart city IKN. IKN didesain untuk masa depan, untuk itu kita akan menggunakan smart system. Kami butuh advis dari Finlandia karena memiliki teknologi yang tinggi. Jika Finlandia bisa, saya yakin Indonesia juga bisa,” ucap Basuki.

Menteri Kerja Sama Pembangunan dan Perdagangan Luar Negeri Finlandia Ville Tavio mengatakan senang bisa menjadi bagian dari pembangunan IKN.

“Saya harap melalui pertemuan ini kita bisa mempererat kolaborasi di masa depan,” ujarnya. (Dtc)

Komentar