Usai Diblokir PPATK, KPK Langsung Selidiki Kekayaan AKBP Achiruddin

Headline4961 x Dibaca

Jakarta, Karosatuklik.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) turun tangan dalam kasus yang menyeret AKBP Achiruddin Hasibuan. Sebab PPATK sudah memblokir dua rekening atas nama AKBP Achiruddin Hasibuan dan anaknya, Aditya Hasibuan.

Pemblokiran ini buntut dari viralnya kasus pengaiayaan oleh Aditya Hasibuan. Atas kasus itu gaya hidup AKBP Achiruddin ikut menjadi sorotan publik.

Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan mengaku pihaknya sudah membentuk tim untuk menganalisis kejanggalan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggaran Negara (LHKPN) milik Achiruddin Hasibuan. Bahkan KPK akan mendalami soal kepemilikan motor gede (moge) Harley Davidson yang diduga bodong.

“Sudah bikin tim dan surat tugas untuk klarifikasi,” kata Pahala saat dikonfirmasi yang dikutip pada, Jumat (28/4/2023).

Pahala menyebutkan, tim yang telah dibentuk sedang mendalami kejanggalan lain LKHPN AKBP Achiruddin. Namun, Pahala tidak menerangkan lebih jelas terkait jadwal serta materi klarifikasi. “Belum tahu sedang pengumpulan data,” ujar Pahala.

Sebelumnya, perwira Polda Sumut itu menjadi sorotan usai video penganiyiayan anaknya, Aditya Hasibuan kepada seorang mahasiswa, Ken Admiral beredar dan menjadi viral. Padahal kejadian penganiayaan itu terjadi pada 22 Desember 2022.

Publik menyoroti sikap Achiruddin yang justru membela anaknya saat menganiayaa Ken Admiral karena dia tidak berusaha untuk melerai perkelahian tersebut.

Dalam video tersebut, Achiruddin sempat memerintahkan pria berkaus putih untuk mengambil senjata api laras panjang di dalam rumahnya.

Usai video itu mencuat, Polda Sumut langsung mencopot AKBP Achiruddin dari jabatannya sebagai Kabag Bin Opsnal di Direktorat Narkoba Polda Sumut. Kemudian, Direktorat kriminal khusus (Ditreskrimsus) Polda Sumut menggeledah gudang penyimpanan bahan bakar minyak (BBM) jenis solar milik AKBP Achiruddin Hasibuan di Jalan Guru Sinumba, Medan Helvetia, Kamis (27/4/2023).

Dalam penggeledahan tersebut, petugas dan aparatur setempat menemukan banyak tangki penampungan BBM. Selain itu terdampat puluhan tandon air dan drum yang diduga menyimpan BBM tersebut. Gudang ini tak jauh dari kediaman dari AKBP Achiruddin Hasibuan atau hanya berjarak sekitar 30- 40 meter. (Inilah.com)

Komentar